Pancasila jadi sumber inspirasi politik harapan

by -18 views

MITRAPOL.com, Bogor – Melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi “politik harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Haryono, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Komandan Lanud Atang Sendjaja Marsma TNI Erwin B. Utama, pada saat bertindak sebagai inspektur upacara (irup) pada upacara peringatan hari lahir Pancasila, di Main Appron Lanud Atang Sendjaja, Sabtu (1/6/2019).

Lebih lanjut disampaikan oleh Kepala BPIP bahwa Pancasila sebagai dasar Negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para “pendiri bangsa”, merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia.

“Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempuma berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai Negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila,” ujar bapak Haryono.

Di akhir sambutannya, Kepala BPIP mengharapkan agar melalui Pancasila, dapat terealisasi tatanan kehidupan masyarakat yang rukun dan damai. “Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, Kita Pancasila,” pungkasnya.

Upacara diikuti oleh seluruh anggota Lanud Atang Sendjaja, Wing Pendidikan Umum dan jajarannya serta Kompi C. Paskhas.

Turut hadir pada upacara tersebut, Komandan Wing Udara 4 Lanud Atang Sendjaja, Kepala Dinas Operasi Kolonel Pnb R. Endri Kargono, Kepala Dinas Personel Letkol Pnb Sigit Gatotprasetyo, Para Komandan Satuan dan Perwira Staf Lanud Atang Sendjaja.

 

 

Sumber   : Kapentak Lanud Ats
Reporter : Barkah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *