Naikan ongkos tidak sesuai ketentuan, Bis Murni Jaya ditahan Polres Pandeglang

by -151 views

MITRAPOL.com, Pandeglang – Berdasarkan pengaduan masyarakat, Bis Murni Jaya jurusan Labuan – Kalideres diamankan jajaran Polres Pandeglang. Minggu (2/6/2019).

Bis Murni Jaya diamankan karena menaikan harga tiket bis secara sepihak tidak sesuai dengan aturan yang telah ditentukan pemerintah, Jajaran Polres Pandeglang melakukan pengejaran dan penangkapan terhadap mobil angkutan orang Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Murni Jaya setelah mendapat laporan dari penumpang Bis.

Kasatlantas Polres Pandeglang AKP Tesyar Rhofaldi Priyatno menjelaskan ke awak media, jajarannya mendapat laporan dari warga adanya Bis Murni Jaya yang menaikan tarif tidak sesuai dengan yang ditentukan oleh pemerintah, pihaknya langsung melakukan pengejaran, dan mengamankan supir dan Kondekturnya.

“Ya itu tadi ada yang melakukan pemungutan tarif yang tidak sesuai dengan yang ditetapkan pemerintah, saat ini mobil Bis Murni Jaya jurusan Labuan-Kalideres itu sudah ada di Mako Polres Pandeglang untuk diamankan, jelasnya.

“Harga tiket penumpang Bis itu sudah ada aturanya, kita tidak pandang bulu akan tindak tegas Bis yang melanggar aturan, Bis Murni Jaya sekarang ada di Polres, kita tahan dulu, agar ada efek jera,” ungkap Kasat Lantas.

Ia menghimbau agar para pengusaha Bis tidak meminta ongkos terhadap para penumpang Bis dengan melebihkan tarif yang telah ditentukan.

Kernet dan Sopirnya akan kita mintai keterangannya dan sudah kita serahkan ke kasat Reskrim Polres Pandeglang untuk pemeriksaan lebih lanjut.

“Supir sama Kondekturnya kita periksa, mereka menarik ongkos Bis yang biasanya Rp30 ribu jadi Rp70 ribu, itu melanggar ketentuan Pemerintah,” tambah Kasat Reskrim Polres Pandeglang, AKP Dedy Hermawan.

Untuk diketahui sesuai Peraturan Mentri Perhubungan nomor 36 Tahun 2016 tentang tarif dasar, tarif batas atas dan bawah angkutan penumpang Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) tarif bus dari Labuan -Kalideres dan sebaliknya adalah Rp30 ribu, Pandeglang-Kalideres Rp25 Ribu dan Serang – Kalideres Rp20 ribu.

 

 

 

Reporter : Royen Siregar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *