KSOP Kelas IV Muara Angke pastikan kelayakan kapal sebelum berangkat

by -18 views

MITRAPOL.com, Jakarta – Syahbandar Otoritas Pelabuhan Muara Angke (KSOP Kelas IV Muara Angke) melakukan pengecekan (Ramcek) Kapal tradisional yang ada di Pelabuhan Kali Adem Muara Angke, Jakarta Utara. Sabtu (08/6/19).

Kepala KSOP Kelas IV Muara Angke Capt. Handry Sulfian menjelaskan ramcek dilakukan untuk memastikan terpenuhinya keselamatan pelayaran, kami melakukan pemeriksaan fisik kapal, cek kesesuaian manifest penumpang yang akan berlayar harus sesuai kapasitas kapal, memastikan penumpang kapal harus menggunakan Life Jacket selama pelayaran sebelum Surat Persetujuan Berlayar (SPB) diterbitkan.

Selain itu melaksanakan rapat koordinasi dengan instansi terkait seperti Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Polri, SAR Jakarta, Pangkalan PLP Tanjung Priok, Pemadam Kebakaran, Kesehatan Pelabuhan, Pos AL Pantai Mutiara, Operator kapal penumpang serta UP3 Muara Angke untuk bersama-sama melakukan pengawasan selama musim libur Hari Raya Idul Fitri 1440H.

Kami bersama dengan stakeholder di Pelabuhan Kali Adem melakukan pengawasan agar pelaksanaan arus penumpang di Pelabuhan Kali Adem berjalan tertib, lancar, aman dan selamat,” ujar Capt. Handry Sulfian.

Lebih lanjut Capt. Handry Sulfian mengatakan para petugas KSOP Muara Angke siap melaksanakan instruksi yang tertuang dalam telegram Direktur Jenderal Perhubungan tentang peningkatan pengawasan keselamatan dan keamanan pelayaran khususnya pada hari besar, libur dan cuti bersama yang ditandatangani oleh Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Tanjung Priok Achmad.

“Telegram tersebut memuat instruksi kepada semua jajaran Perhubungan Laut untuk meningkatkan pengawasan keselamatan dan keamanan pelayaran. Semoga tugas pengawasan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar,” tutup Handry Zulfian.

 

Reporter  : Semi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *