Bupati Irna : Kepala OPD harus tegas pantau kinerja bawahannya

oleh -28 views

MITRAPOL.com, Pandeglang – Pasca Libur Hari Raya Idul Fitri 1440 H, Bupati Pandeglang Irna Narulita melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Senin (10/6).

Hal ini dilakukan untuk memastikan tidak ada pegawai yang bolos di hari pertama kerja pasca hari raya, maka dari itu kepala OPD harus pantau kinerja bawahannya.

Loading...

“Kami yakin banyak tugas kita yang belum terselesaikan karena jam kerja di bulan puasa tidak optimal. Oleh sebab itu selesaikanlan setelah cuti yang cukup panjang,” kata Irna Narulita saat sidak ke beberapa OPD,

Bupati berharap kepada OPD pelayanan harus dapat memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat, dikatakannya, jangan sampai alasan mudik dan masih dalam perjalanan menjadi alasan tidak masuk kerja pasca hari raya yang akhirnya pelayanan terhambat.

“Kita sudah cuti kurang lebih 9 hari, saya rasa itu cukup panjang jadi hari ini harus sudah masuk seperti biasa,” ungkapnya.

Untuk yang tidak masuk pada hari pertama pasca libur hari raya, menurut Irna, akan diberikan sanksi mulai dari keras, ringan, dan sedang sesuai untruksi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan RB).

“Apabila alasan tidak dapat kami terima, sanksinya sesuai aturan yang berlaku bahkan sampai pemotongan gajinya, kita sebagai pelayan harus disiplin,” tegasnya.

Sementara Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Pandeglang Ali Fahmi Sumanta mengatakan, sidak ini akan dilakukan di semua OPD dan Kecamatan.

“Kalau untuk OPD hari ini selesai, dan jam 12 siang harus sudah verifikasi karena jam 15:00 wib harus di setorkan ke Menpan RB. Untuk Kecamatan, bisa dilanjutkan besok,” katanya.

Jika ada pegawai atau ASN yang bolos pada hari pertama masuk kerja, Fahmi mengatakan akan dilakukan pemanggilan keesokan harinya untuk mengikuti apel bersama di BKD.

“Kami akan panggil mereka, akan diberikan pembinaan oleh pa Sekda serta dimintai keterangan alasannya tidak masuk kerja,” terangnya.

Terkait empat orang ASN yang tidak masuk di DISHUB, kata Fahmi dirinya akan melakukan verifikasi alasan ketidakhadirannya.

“Sehingga jelas alasannya sakitkah atau izin. Untuk persentase kehadiran belum dapat dihitung karena masih dilakukan rekap absensi,” ujarnya.

OPD yang dikunjungi yaitu Dishub, RSUD, Dindikbud, dan Disdukcapil. Hadir dalam acara ini Sekretaris Daerah Pandeglang Pery Hasanudin, Asda Administrasi Umum Setda Undang Suhendar, Kepala Dinas Komunikasi Sandi dan Statistik (Diskomsantik) Yahya Gunawan, Inspektur Iskandar dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kurnia Satriawan.

 

 

Reporter : Dede/A4N

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *