Wisata Ujung Kulon menunggu investor

by -112 views

MITRAPOL.com, Pandeglang – Ujung Kulon sebuah wilayah yang berada di Barat Pulau Jawa memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan, yang tidak bisa dipandang sebelah mata, khususnya pariwisata pantainya sudah terkenal sampai ke Benua Eropa Amerika dan Asia.

Potensi wisata di Ujung Kulon sudah diminati para wisatawan baik lokal maupun mancanegara, namun karena kurang mendapat perhatian dari pihak terkait, akhirnya diolah seadanya saja, sehingga wilayah ini sepi peminat, padahal wilayah Pantai Ujung Kulon mulai dari daerah Kecamatan Sumur sampai daerah Desa terujung yaitu Legon Pakis dan Desa Tanjung Lame, terdapat tempat-tempat yang menarik yang menawarkan pemandangan alam yang sangat indah dan alami.

Wilayah yang paling populer adalah Pulau Peucang, yang mempunyai ikon satwa liar Kijang dan Babi Hutan serta burung Merak liar, yang sudah dikenal hingga ke penjuru dunia.

Selain Pulau Peucang, Ujung Kulon juga banyak memiliki obyek wisata unggulan lainnya seperti Gunung Cimahi yang terkenal dengan sungai purbanya, yang kaya dengan batu-batu pancawarnanya, Pantai Legon Pakis yang indah bersih dan sedap dipandang mata, Pulau Handeuleum yang mempunyai satwa Kijang Merak dan Monyet Ekor Panjang dan Pantai Lame, serta Pantai Karang Ranjang, pantai yang sangat eksotik bersih alami menawan hati.

Potensi wisata pantai dan bahari yang ada di wilayah ini memang sangat menjanjikan untuk para investor. Ada beberapa investor lokal Indonesia yang sudah ikut menanamkan modal disektor wisata. Bahkan ada investor asing yang bekerja sama dengan investor lokal dalam membangun hotel atau Resort mengembangkan pariwisata di daerah tersebut.

Bagi investor lokal dapat sharing atau menjalin kerja sama dengan para investor diseluruh dunia dalam segi bisnis pertanian perikanan dan pertambakkan Udang.
Peranan pemerintah setempat dan Pemerintah Pusat sangat penting, karena para investor asing akan lebih yakin dalam mengembangkan bisnis Pariwisata dan bisnis perikanan atau kelautan lainnya.

Wisata Bahari dan peluang bisnis di Ujung Kulon memiliki peluang yang besar untuk pemasukan daerah dan pemasukan negara serta warga setempat, apalagi satwa Badak di Ujung Kulon sudah menjadi Ikon untuk Provinsi Banten.

 

 

Reporter : Muklis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *