Polres Banyuasin gelar apel konsolidasi

by -24 views

MITRAPOL.com, Sumsel – Polres Banyuasin menggelar Apel Operasi Ketupat Musi 2019 dan Persiapan Pengamanan Sidang PHPU 2019 di Mapolres Banyuasin, lapangan upacara Polres Banyuasin Jalan Lingkar Sekojo Pangkalan Balai Kec. Banyuasin III Kab. Banyuasin Sumsel, Kamis (13/6).

Apel dipimpin langsung oleh Kapolres Banyuasin AKBP Yudhi Surya Markus Pinem, S.IK., dan Komandan Apel Ipda Ricky Febrian, SH.

Dalam amanatnya Kapolres Banyuasin menyampaikan Operasi Ketupat Musi 2019 digelar selama 14 hari yaitu mulai tanggal 29 Mei 2019 sampai dengan tanggal 10 Juni 2019.

“Selama operasi ketupat musi dilaksanakan, situasi Kamtibmas di wilayah Banyuasin dalam keadaan aman dan kondusif. Hal tersebut ditandai dengan tidak adanya aksi serangan teror, dapat ditekannya gangguan kejahatan yang meresahkan masyarakat ataupun aksi intoleransi dan kekerasan serta terpilihnya stabilitas harga dan ketersediaan kebutuhan pokok ditengah masyarakat.

Menurutnya, untuk mendukung keberhasilan dalam pelaksanaan pengamanan tersebut diperlukan beberapa perhatian yang dapat dijadikan pedoman, yaitu :

Pertama persiapkan secara maksimal seluruh aspek penyelenggaraan pengamanan, hal tersebut bertujuan agar pengamanan perselisihan hasil pemilihan umum dapat terselenggara dengan sukses aman dan lancar.

Kedua, terus Jaga dan pelihara sinergitas antara TNI-Polri dan stakeholder lainnya.

Ketiga, dalam menghadapi aksi unjuk rasa sesuai dengan SOP (standar operasional prosedur) tidak diperkenankan melakukan tindakan diluar SOP seperti tindakan kekerasan dan arogansi anggota.

Keempat, optimalkan kegiatan kepolisian yang ditingkatkan dengan melakukan razia terhadap paham yang membahayakan seperti pasar untuk mengantisipasi jika dipergunakan oleh pengunjuk rasa dalam menyerang personel pengamanan.

Kelima, jaga under estimate dengan melakukan deteksi dini dengan mengoptimalkan fungsi Binmas melalui bhabinkamtibmas untuk mengetahui dinamika dan fenomena yang berkembang di masyarakat sehingga setiap permasalahan yang berpotensi mengganggu proses sidang tersebut dapat di antisipasi se dini mungkin dan tidak menimbulkan dampak yang lebih luas.

Keenam, tampilkan sikap personel Polri sebagai pelindung pengayom dan pelayan masyarakat serta sosok personel yang berkarakter penolong bersahabat serta sebagai Mitra masyarakat”, ujarnya.

Pihaknya juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh personel yang terlibat dalam operasi ketupat Musi 2019.

“Kami memberikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan operasi Ketupat Musi 2019 sehingga pelaksanaan operasi ini dapat berjalan dengan aman dan lancar,” pungkasnya.

 

 

Reporter : Adri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *