Tak kunjung diperbaiki, pengguna jalan kritik akses jalan menuju Menggamat

oleh -50 views

MITRAPOL.com, Tapaktuan – Kerusakan badan jalan menuju kecamatan Kluet Tengah kabupaten Aceh Selatan semakin parah dari waktu ke waktu. Jalan yang menghubungkan gampong Gunung Pudung kecamatan Kluet Utara menuju gampong Jamboe Papeun kecamatan Kluet Tengah yang melewati medan gunung yang terjal dan berliku ini keadaannya semakin rusak parah, hampir keseluruhan badan jalan berlubang dan tidak beraspal.

Para pengguna jalan mengaku kesulitan menempuh perjalanan baik dari Menggamat ke Gunung Pudung atau sebaliknya. Hal ini sangat dirasakan oleh sopir angkutan barang yang mengangkut barang baik hasil alam dan lainnya menuju ke Menggamat sebagai ibukota kecamatan Kluet Tengah atau sebaliknya.

Loading...

“Jika kurang awas kita dapat terperosok ke lubang yang berukuran besar atau bahkan truk atau pickup dapat terbalik,” ujar Saddam (38) salah seorang pengemudi Pickup yang saban hari menggunakan jalan tersebut, kepada mitrapol.com, di Kota Fajar Kamis (13/6/2019).

Selain lubang yang menganga, ia mengatakan jika musim hujan badan jalan sering kali tertutup material lumpur dan air sehingga banyak pengendara yang terpaksa berbalik arah ketika hendak melakukan perjalanan.

“Tahun ini saja sudah dua kali longsor di gunung tersebut, jalan bukan hanya tak beraspal, tapi akibat digusur air atau lumpur, badan jalan mengalami pengikisan membentuk tebing yang dalamnya kami perkirakan mencapai 500 centimeter,” paparnya.

Hal serupa juga di akui Mukmin (45) salah seorang sopir truk taryek Menggamat Kota Fajar, menurutnya bahkan dirinya nyaris mengalami kecelakaan saat melewati salah satu titik jalan yang rawan.

“Truk saat itu bermuatan alat material bangunan, saat melewati salah satu lokasi jalan yang berlubang yang digenangi air hampir saja truk terbalik, sebab lubang sangat dalam dan panjang mengingis setengah badan jalan, sehingga truk kami berjalan oleng,” ungkapnya.

Karena tidak ada akses jalan lain, warga dengan terpaksa dan penuh waspada melewati jalan tersebut yang kini kabarnya sudah dalam proses pengukuran pihak terkait.

“Kami melihat ada orang dinas tempo hari melakukan pengukuran badan jalan, semoga pengukuran kali ini dapat ditindak lanjuti dengan memperbaiki badan jalan seperti yang semua orang harapkan,” imbuhnya.

Perlu diketahui,kecamatan Kluet Tengah merupakan kecamatan penghasil tani terbesar di wilayah Kluet Raya, semua pasokan hasil tani di distribusikan dari kecamatan tersebut ke kecamatan lainnnya. Tidak hanya itu, di kecamatan yang terletak di lembah bukit barisan yang berbatas langsung dengan Tanah Gayo ini juga memilik hasil tambang yang sangat besar, mulai dari biji besi, emas dan lainnya.

Semoga harapan para pengguna jalan yang mewakili suara warga kecamatan Kluet Tengah dan Kluet Raya Umumnya dapat menjadi perhatian serius pemerintah kabupaten Aceh Selatan mengingat Menggamat kecamatan yang memiliki sumber daya alam terbaik di Aceh Selatan.

 

 

Reporter : Safdar. S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *