Silahturahmi jajaran Dewan Penasehat PWI Jaya 2019-2024

by -33 views

MITRAPOL.com, Jakarta – Masih dalam suasana Idul Fitri 1440 Hijriyah, Dewan Penasehat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) DKI Jakarta menggelar Halal Bi Halal, Sabtu (15/6/2019) sore, di Function Hall Nendia Primarasa, Jalan Bina Harapan 38 A, Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan.

Acara yang diinisiasi oleh Sekretaris Dewan Penasehat PWI DKI H. Heru Pujihartono ini sekaligus menjadi ajang silaturahmi antara jajaran Dewan Penasehat dan perwakilan Pengurus Harian PWI Jaya 2019-2024 yang diketuai oleh Sayid Iskandarsyah. Ketua Dewan Kehormatan Provinsi (DKP) PWI Jaya, Diapari Sibatangkayu, juga turut hadir bersama sekretarisnya, Berman Nainggolan

Ketua Dewan Penasehat PWI Jaya 2019-2014, Indar Atmanto, memberikan apresiasinya yang luar biasa atas kegiatan silaturahmi melalui halal bi halal Dewan Penasehat ini. Dalam sambutannya yang disampaikan oleh Amy Atmanto, Wakil Ketua Bidang Hubungan Antar-Lembaga, Ketua Dewan Penasehat PWI Jaya 2019-2024 itu mengakui jika silaturahmi seperti ini sangat efektif dalam meningkatkan sinergitas diantara stakeholders PWI Jaya 2019-2024. Apalagi, Dewan Penasehat perlu memberikan saran-saran atau masukan dalam mendukung proses perjalanan kepengurusan harian.

Jajaran Dewan Penasehat bersama Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) DKI Jakarta

Selaku Wakil Ketua Hubungan Antar-Lembaga Amy Hatmanto menyinggung besarnya tantangan yang dihadapi kepengurusan PWI Jaya 2019-2024, antara lain yang terkait dengan konvergensi media digital. “Kita fahami kalau pengaruhnya sangat besar dalam menjalankan organisasi kewartawanan sekarang ini,” ungkap Amy Atmanto.

“Konvergensi media digital ini sangat penting, apalagi di dalam susunan pengurus PWI DKI Jakarta ini sudah milenial,” ujarnya.

Sebelumnya, Sekretaris Dewan Penasehat PWI Jaya 2019-2024 H. Heru Pujihartono menyebut pentingnya membangun komunikasi diantara seluruh stakeholders, termasuk jajaran Dewan Penasehat. “Saya percaya bahwa hal itu akan memperkuat fondasi kita kedepannya, sehingga organisasi PWI Jaya bisa lebih maju,” demikian antara lain dikemukakan H. Heru Pujihartono.

Pemilik perusahaan katering Nendia Primarasa ini juga mengurai keyakinannya bahwa kegiatan Dewan Penasehat tak terhenti pada acara halal bi halal ini saja. Harus ada pertemuan-pertemuan atau silaturahmi dan langkah-langkah berikutnya. “Tentunya kita mengharapkan kepengurusan PWI Jaya 2019-2024 ini lebih dinamis, sehingga proses kemajuannya lebih cepat,” ujar Sekretaris Dewan Penasehat.

Beri Pandangan

Halal bi halal sekaligus silaturahmi Dewan Penasehat ini tersaji dalam suasana guyub dan cair. Jajaran anggota Dewan Penasehat yang hadir berkenan menuangkan isi hati, pandangan atau pemikirannya.

M.Noeh Hatumena, fungsionaris Dewan Penasehat yang paling senior, menyebut kegiatan ini sebagai salah satu upaya untuk membuat kepengurusan PWI Jaya 2019-2024 lebih konstruktif. “Diminta atau tidak diminta kita memang wajib memberikan saran dan masukan-masukan, minimal kepada ketua PWI Jaya,” ucap M.Noeh Hatumena, yang sudah lebih dari 40 tahun bergelut di dunia jurnalistik.

Wakil Ketua Hubungan Antar-Lembaga Amy Hatmanto

H. Adhi Wargono, Wakil Ketua Dewan Penasehat, menjabarkan jika dirinya sangat siap bila diminta untuk memberikan masukkan kepada para pengurus harian. “Interaksi positif antara Dewan Penasehat dengan Pengurus Harian ini semoga dapat diadakan,” harap Adhi Wargono.

Johnny Hardjojo menyebutkan, kepengurusan PWI Jaya saat ini sudah solid. Walau demikian, ia mengharapkan agar pengurus harian dapat meningkatkan komunikasi dengan seluruh stakeholdernya. “Komunikasi dengan seluruh anggota harus terus dilakukan dengan haik, ” imbau Johnny Hardjojo.

Ia juga menegaskan, PWI Jaya harus menjadi barometer organisasi kewartawanan nasional. Oleh karena itu, roda organisasi PWI Jaya harus berjalan dengan baik, mengedepankan program-program yang bisa ditiru oleh provinsi lainnya. “Saya rasa dengan kepemimpinan Sayid Iskandar, PWI Jaya akan berkembang lebih dinamis lagi tentunya dengan program-program andalan yang akan ditiru oleh daerah lain,” ujarnya.

Momentum Baik

Faktor kepemimpinan juga menjadi sorotan Aat Surya Safaat. Menurutnya, faktor kepemimpinan sangat penting. Dalam konteks itu ia tidak meragukan dari Sayid Iskandarsyah, yang dinilainya bisa membawa organisasi PWI Jaya lebih baik lagi kedepannya.

Anggota Dewan Penasehat lainnya, A. Ristanto menjelaskan kembali peran kemitraan dari organisasi PWI Jaya ini. Namun, tegasnya, mitra yang senantiasa dapat mengkritisi.

Ristanto pada kesempatan itu mengurai apresiasinya dari kehadiran Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada saat Konferprov PWI Jaya di Balai Kota DKI Jakarta. Menurut Ristanto, momen seperti itu tentunya harus dapat dimanfaatkan oleh pengurus. Apalagi, organisasi wartawan bukan hanya PWI saja. “Manfaatkan momen ketertarikan Gubernur dengan PWI Jaya ini,” ia mengingatkan.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DKP Diapari Sibatangkayu mengatakan, acara silaturahmi dan halal bi halal ini penting untuk memperkuat organisasi, khususnya sesama pengurus, agar saling bersinergi dalam memajukan PWI DKI.

Hal yang sama jug disampaikan Sekertaris DKP Berman Nainggolan, berharap agar semangat yang ada tetap di jaga sesama pegurus maupun anggota, kita harus konsisten dalam menjalankan roda organisasi.

Ketua PWI Jaya 2019-2024, Sayid Iskandarsyah, menyampaikan ucapan terima kasih kepada para undangan yang hadir dalam silaturahmi dan halal bi halal ini, begitu pula kepada tuan rumah, Sekretaris Dewan Penasehat H. Heru Pujihartono.

Ketua PWI DKI mengaku butuh diberikan nasehat-nasehat, agar kepemimpinannya lima tahun kedepan selamat dunia dan akhirat.

Ia juga berharap agar dalam kepemimpinannya ini, seluruh bagian yang ada di dalam stuktur organisasi dapat membangun komunikasi, baik Dewan Penasehat, Dewan Kehormatan serta pengurus dan anggota lainnya.

“Komunikasi harus terus dibangun dan dilaksanakan, sehingga PWI DKI akan kembali jaya kedepannya,” ujar Sayid.

Ia juga menyinggung mengenai program digital yang ada di PWI DKI, di mana program tersebut sudah tercetus lima tahun sebelumnya. Namun ada saja kendala yang harus diselesaikan, salah satunya faktor SDM atau tim yang mendukung terwujudnya hal tersebut.

Saat ini, menurut Sayid, kendala-kendala tersebut harus diselesaikan, seperti saat ini sudah adanya Web PWI DKI, pwijaya.or.id yang dapat diakses oleh para anggota. Begitu pula membangun komunikasi dengan pihak Pemprov DKI, Sayid mengatakan terus dibangun dan saat ini sudah berjalan dengan baik. Untuk itu ia berharap nantinya akan lebih akrab lagi, sebagai mitra organisasi dari PWI DKI, tentunya semua ini butuh nasehat, dukungan dari semua yang ada di dalam organisasi ini, tegasnya.

 

 

Red

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *