Forkopimda Tobasa gelar upacara peringatan gugurnya Raja Sisingamangraja XII

by -49 views

MITRAPOL.com, Tobasa – Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Sumatera Utara, memperingati gugurnya Pahlawan Nasional Raja Sisingamangaraja XII, dengan melaksanakan upacara nasional, Senin (17/06/2019).

Peringatan gugurnya pahlawan nasional dari Tanah Batak Ke-112 tahun ini dilaksanakan di Makam Raja Sisingamangaraja XII, di Desa Silalahi Pagarbatu, Kecamatan Balige, Kabupaten Tobasa.

Bertindak sebagai komandan upacara Ipda Lambertus Siahaan Kanit Reserse Polsek Balige dan Inspektur Upacara Bupati Tobasa Ir. Darwin Siagian, selain Forkopimda, peringatan dihadiri juga oleh masyarakat golongan Si Raja Batak Malim Marsada, jajaran Pemkab, jajaran Polres Tobasa, Kompi 125 Sim’bisa dan lainnya.

Peringatan tersebut dilaksanakan diawali dengan upacara nasional, kemudiam tabur bunga dan doa bersama.

Peringatan digelar sebagai bentuk terimakasih forkopimda dan jajaran serta masyarakat atas pengorbanan perjuangan Raja Sisingamangaraja XII melawan penjajah demi merebut kemerdekaan bangsa Indonesia.

“Hari ini kita melakukan upacara, tabur bunga dan doa bersama untuk mengenang jasa pahlawan nasional kita, Raja Sisingamangaraja XII, yang berjuang melawan penjajah untuk meraih kemerdekaan. Kita berharap gererasi muda Batak bisa meneladani perjuangannya,” ujar Bupati.

Ketua golongan Si Raja Batak Malim Marsada, Amir Marpaung menyampaikan pesan serupa. Amir berharap untuk tahun mendatang upacara peringatan hendaknya dapat diikuti seluruh masyarakat Tobasa.

“Itu harapan kita. Jangan lagi hanya kita, Pemerintah Kabupaten Tobasa dan TNI/Polri yang merayakannya, tapi kedepan seluruh masyarakat hendaknya turut memperingatinya,” ujarnya.

 

 

Reporter : Abdi. S

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *