Pemkab Bener Meriah apresiasi dan dukung penuh kegiatan desiminasi HAM

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Redelong – Pemerintah Kabupaten Bener Meriah mengapresiasi terselenggaranya kegiatan Desiminasi HAM di kabupaten tersebut, dengan dilaksanakannya kegiatan itu, diharapkan dapat mempengaruhi aspek kehidupan aparatur pemerintah yang berhubungan dengan nilai-nilai HAM, serta meningkatkan pemahaman, pengetahuan, dan wawasan tentang HAM.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi yang disampaikan Asisten I Drs. Mukhlis saat membuka Kegiatan Desiminasi HAM Bagi Aparatur Pemerintah Kabupaten Bener Meriah di aula Setdakab Bener Meriah, Senin (17/6/2019).

“HAM Merupakan Hak Dasar Manusia yang dijamin dalam Agama maupun Negara. Oleh karena itu sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat, Kabupaten Bener Meriah wajib memberikan pemenuhan HAM kepada masyarakat melalui tugas dan fungsi ASN Pemerintah Daerah Kabupaten Bener Meriah,” tegasnya.

Ia mengatakan, Kabupaten Bener Meriah sudah melaksanakan kegiatan rencana aksi nasional Hak Azasi Manusia atau RANHAM terutama yang menyangkut dengan Ekonomi, Politik dan Sosial Budaya.

“Melihat kondisi dewasa ini rasanya cukup berat beban Negara dalam menghadapi berbagai persoalan baik menyangkut bidang politik, Ekonomi maupun Aspek lainnya,” lanjut Mukhlis.

Ia menegaskan, Pemkab Bener Meriah serius dalam menerapkan dan menangani masalah HAM, sehingga ke depan kabupaten ini dapat meraih predikat kabupaten peduli HAM.

“Kami sangat sungguh-sungguh dalam menangani masalah HAM ini, karena itu kedepannya kami mengharapkan Agar Kabupaten Bener Meriah dapat mencapai Predikat Kabupaten Peduli HAM,” pinta Mukhlis.

Acara tersebut diikuti oleh 22 SKPK dilingkup Pemerintah Kabupaten Bener Meriah, Kabag Hukum Samusi Punawira Dade,M.Si, Kabag Humas dan Protokol Setdakab Bener Meriah Wahidi, S.Pd. MM dan juga dihadiri oleh Kajari Bener Meriah yang diwakili oleh Kabid Pidumnya.
Sedangkan pematerinya dari Kanwil Kemenkum HAM Aceh Irfan, SH. MH Kabid HAM Kanwil Aceh, dengan judul, ”Rencana Aksi Nasional HAM (RANHAM) Tahun 2015-2019 dalam mewujudkan Penghormatan, Perlindungan, Pemenuhan, Penegakan dan Pemajuna Hak Azasi Manusia.”

 

 

Reporter : Safdar S

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *