ASN Diskominfo Kota Metro Lampung mendapatkan sosialisasi bahaya Narkotika dari BNN

by -57 views
Kepala Dinas Kominfo Kota Metro beserta staf berfoto bersama usai pelaksanaan sosialisasi bahaya narkoba oleh BNN,Selasa (18/07/2019).

MITRAPOL.com, Metro Lampung – Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Metro Lampung mendapatkan kunjungan BNN Kota Metro Lampung dalam rangka sosialisasi bahaya narkotika dan prekursor narkotika serta informasi tentang P4GN kepada Aparatur Sipil Negara (ASN).

Kegiatan berlangsung di Ruang Rapat Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Metro, Jl. AH Nasution, Metro Pusat, pukul 09.00 WIB, Selasa(18/6/2019).

Loading...

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala BNN Kota Metro yang diwakili oleh Kasi P2M BNN Kota Metro, Ari Kurniawan, S.Si, MA, Kepala Dinas Kominfo Kota Metro Lampung Dra. Farida, Kasi, Kabid serta Kasubag serta seluruh staf Kominfo Kota Metro Lampung yang berjumlah keseluruhan 45 orang.

Kepala Dinas Kominfo Kota Metro Dra. Farida bersama Kasi P2M BNN Kota Metro Lampung Ari Kurniawan,S.Si,MA saat memberikan materi, Selasa (18/06/19)

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Metro Lampung Dra. Farida sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini dan berterimakasih kepada seluruh stafnya yang sangat antusias mengikuti.

“Saya sangat berterima kasih dengan terselenggaranya acara ini dan kita semua dapat mengikutinya.Mengingat penyuluhan bahaya narkoba ini sangatlah penting karena usia para ASN/pegawai yang hadir rata-rata merupakan usia produktif yang wajib dan perlu mendapatkan pemahaman yang benar tentang P4GN.Karena kegiatan positif seperti ini sangat bermanfaat untuk membangun komitmen dan sinergitas antara BNN sebagai focal point pelaksanaan P4GN dengan Pemerintah Daerah sebagai mitra kerja agar bisa bersama-sama mensukseskan upaya pencegahan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba khususnya bagi Pegawai ASN di lingkungan Pemerintah Kota Metro Lampung,” tutup Kadis.

Dalam penyampaian Kepala BNN Kota Metro Lampung yang diwakili Kasi P2M BNN Kota Metro Lampung Ari Kurniawan, S.Si, MA selaku narasumber mengatakan bahwa saat ini indonesia dalam kondisi keadaan darurat narkoba dan Provinsi Lampung termasuk dalam 10 besar pemakai narkoba di Indonesia.

“Saat ini negara kita dalam kondisi darurat dalam penyalahgunaan narkoba.Dari hasil penelitian kerja sama antara BNN RI dan Puslitkes UI pada tahun 2017.Angka prevalensi penyalahguna narkoba di Indonesia telah mencapai angka 3,3 juta orang dan sekitar 30 jiwa lebih meninggal perhari karena narkoba, dengan kerugian negara tahun 2017 akibat narkotika mencapai 84 trilyun lebih.Jika dilihat dari sebaran penyalahguna narkoba, sebesar 59,3% penyalahguna berasal dari lingkungan kerja, 23,7% lingkungan pendidikan dan 17% berasal dari lingkungan masyarakat.Berdasarkan hasil studi tersebut, Provinsi Lampung berada pada peringkat ke-8 dari 34 provinsi di Indonesia dan urutan ke-3 provinsi di Pulau Sumatera tingginya angka prevalensi penyalahguna narkoba”,Jelasnya.

Kegiatan sosialisasi yang bertema “Jenis dan Dampak Bahaya Narkoba serta Upaya Pencegahannya di Lingkungan Kerja Instansi Pemerintah.”

Karena Kegiatan ini merupakan tindak lanjut surat Walikota Metro Nomor 050/641/B-2/03/2018 tanggal 19 November 2018 perihal Sosialisasi Bahaya Penyalahgunaan Narkoba Lingkup OPD se-Kota Metro sebagai respon Pemkot Metro terhadap terbitnya Inpres Nomor 6 Tahun 2018 tentang Rencana Aksi Nasional P4GN Tahun 2018-2019.Dalam kesempatan itu turut disosialisasikan Perda Provinsi Lampung No.1 Th 2019 tentang Fasilitasi Pencegahan, Penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif Lainnya yang telah ditetapkan pada tanggal 25 Februari 2019 lalu oleh Gubernur Lampung.

 

 

Reporter : Muktaridi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *