Samolnas tingkatkan kesadaran masyarakat bayar pajak

by -57 views

MITRAPOL.com, Sumsel – Meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak kendaraan, Korps Lalu lintas (Korlantas) Polri dan Badan pendapatan Daerah (Bapenda) bersama Samsat Sumatera Selatan menggelar Sosialisasi Samsat Online Nasional (Samolnas) dan Samsat Regional Sumatera Selatan (Sumsel) di Hotel The Alts Rajawali Palembang, Rabu (19/6).

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Sumsel, Kombes Pol Dwi Asmoro mengungkapkan, Samolnas ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak, dan sebagai wujud tanggung jawab pemerintah dalam memudahkan pelayanan kepada masyarakat khususnya dalam pembayaran pajak kendaraan.

“Samsat Online Nasional merupakan sistem baru yang dikeluarkan Korlantas Polri dan tim pembina Samsat Sumsel. Misal dia sedang ada diluar Sumsel, saat membayar pajak cukup di lokasi dia berada, yang di Medan bisa bayar di Medan, bisa membayar pajak kendaraan di Medan ataupun yang ada di Jakarta, tidak terbatas domisili,” ujarnya.

Lanjut Dwi, di dalam aplikasi Samsat Online Nasional terdapat informasi data kendaraan bermotor, pajak kendaraan bermotor dan jumlah habis masa berlaku, serta pembayaran melalui aplikasi tersebut.

“Sudah dalam tahap sosialisasi, secepatnya kami segera launching, mungkin akan melibatkan Gubernur dan Kapolda. Semoga tidak ada kendala sehingga target pajak di luar Sumsel bisa kami tarik masuk,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Bapenda Sumsel Neng Muhaibah, menambahkan sejauh ini pihaknya belum mempunyai data-data kendaraan yang ada di luar Provinsi Sumsel, sehingga belum bisa memprediksi jumlah pembayaran pajak kendaraan roda empat yang masuk.

“Untuk Samolnas belum ada data kendaraan yang diluar Provinsi Sumsel. Untuk sementara, minimal dalam 1 bulan ada 10 kendaraan roda empat yang masuk ke Sumsel melaui Samolnas, mudah-mudahan bisa lebih dari itu,” pungkasnya.

 

 

Reporter : Adri

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *