Setya Novanto tidak mendapat hukuman tambahan

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jakarta – Walau kepergok pelesiran diluar Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat. terpidana korupsi E-KTP Setya Novanto tidak dimendapat hukuman tambahan.

Kepala Biro Humas dan Protokol Ditjen Pemasyarakatan (PAS) Ade Kusmanto mengatkan.

“Hukuman tidak ada, pelanggaran tata tertib lapas atau rutan tidak menambah masa pidana,” kata Kepala Biro Humas dan Protokol Ditjen Pemasyarakatan (PAS) Ade Kusmanto, Minggu (16/6/2019).

Ade menuturkan, mantan ketua DPR itu tidak diberikan hukuman tambahan walau ketahuan keluar lapas tanpa izin. Agar tidak mengulangi perbuatannya, Setnov diberi pencabutan hak sementara narapidana.

“Hak sementara itu seperti penundaan kunjungan keluarga atau pengacara, jika diusulkan remisi ditunda usulannya, dipindahkan ke Lapas lainnya, diisolasi (tutupan sunyi),” ucap Ade.

Tindakan Setnov ini disadari Ade juga bagian dari kelalaian dari pengelola Lapas Sukamiskin dalam melakukan penjagaan. Atas perbuatannya, Setnov dipindah ke Lapas khusus teroris, Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat.

“Kelalaian terjadi pada tataran petugas pengawalan di lapangan,” tutur Ade.

Meski Setnov telah dipindahkan ke Rutan Gunung Sindur, namun Ditjen Pemasyarakatan tidak bisa memastikan apakah mantan Ketua Umum Partai Golkar itu akan menghabiskan masa hukumannya di Lapas/Rutan Teroris tersebut.

“Rutan tugasnya memberikan pelayanan dan perawatan tahanan tidak membina narapidana. Sampai saat ini masih dalam pendalaman dan pemeriksaan,” tukas Ade.

 

 

Reporter : Desi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *