Acara adat Pegawian Mergo Selagai Linggo.

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Lamteng – Acara adat Pegawian mergo selagai linggo di kampung Tanjung ratu kecamatan selagai lingga Lampung tengah merupakan salah satu acara adat yang sering kali dilaksanakan oleh masyarakat pada saat resepsi sunatan, pernikahan dan syukuran.

Kali ini ketepatan di kediaman Arifin warga kampung Tanjung Ratu kecamatan Selagai Lingga yang menikahkan anaknya Ariyansyah dengan seorang gadis dari Lewok Lampung Utara, Sabtu, (23/06/2019).

Dalam acara Pegawian tersebut diikuti oleh seluruh penyimbang-penyimbang marga Selagai Lingga yang dimeriahkan oleh Muli Meghanai Makai yang ikut serta dalam acara adat tersebut.

Muli Meghanai yang ikut memeriahkan acara adat tersebut antara lain Muli Tuho ST. Ratu Sembahen Mergo yang merupakan Muli pemegang tahta tertinggi adat Selagi Linggo, Muli Penyimbang Siwo Mergo Selagai Linggo, Muli Pitu Belas Anek Tanjung Ratu, Muli Mandar Alang dan Muli Batang Gawi.

Selain itu acara Pegawian tersebut menampilkan berbagai macam tarian adat mulai dari Tari Penglaku, Tari Kepalo, Tari Antar Mergo, Tari Meghanai Aris, Tari Temu, Tari Penganggik, Tari Sabai dan diakhiri dengan Tari Mepadun.

Sementara itu menurut Afrizal (St Empu Selagai) yang merupakan salah satu penyimbang adat kampung Tanjung Ratu yang hadir dalam acara Pegawian tersebut mengatakan, Pegawian ini adalah acara puncak adat Lampung Mergo Selagai Linggo, dalam acara tersebut Saipulhajad akan mendapatkan gelar kepenyimbangan yaitu gelar Sultan (suttan)

“Acara ini adalah acara puncak adat Lampung yang ada di Mergo Selagai Linggo dalam acara tersebut saipulhajad akan diganti gelar kepenyimbangannya dan mendapatkan gelar baru yaitu Sultan (suttan),” tutupnya.

 

 

Reporter : Lami

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *