Jelang pelantikan, 7 paguyuban kecamatan HAMAS tarik delegasinya

by -84 views

MITRAPOL.com, Banda Aceh – Tujuh paguyuban kecamatan yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Aceh Selatan (HAMAS) menarik delagasinya dalam kepengurusan organisasi induk mahasiswa Aceh Selatan itu.

Penarikan ketujuh delagasi peguyuban kecamatan yang ada di dalam kabupaten Aceh Selatan ini jelang dilaksanakannya pelantikan pengurus HAMAS periode 2019-2021, yang akan digelar di Asrama Haji Banda Aceh, Minggu ( 23/6/2019).

“Secara resmi, 7 Paguyuban yang ada di Aceh Selatan telah menarik kembali Surat Rekomendasi Delegasi untuk mengisi struktur DPO dan DPH HAMAS,” ujar Ketua Umum Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Kluet Timur (IPPM KluT) Khairuman Nanda kepada Mitrapol.com di Banda Aceh.

Ia menegaskan sikap yang diambil ketujuh Paguyuban ini didasari ketidak percayaan dan tidak adanya sikap transparansi yang dimiliki Mitra Saputra sebagai Ketua Hamas terpilih dalam menjalankan roda organisasi sebagaimana mestinya.

Ia menilai, sejak ditetapkannya hasil Mubes Hamas setengah tahun lalu, ketua terpilih dianggap tidak mampu dan tidak pernah melakukan proses rekonsiliasi dalam upaya merangkul kembali secara keseluruhan 18 Paguyuban yang ada di Aceh Selatan.

“Seharusnya Ketua terpilih mengedepankan azas kekeluargaan dalam upaya merangkul seluruh paguyuban yang ada di Aceh Selatan, bukan sebaliknya malah ketua terpilih tidak pernah berupaya serius dalam melakukan proses itu, baik dalam rekrutmen maupun menjalin hubungan emosional dengan panguyuban diatas,” sesalnya.

Sementara itu, Ketua/Pjs Ikatan Mahasiswa Pelajar Kluet Selatan (IMPAKS) Harmadi mengatakan pelaksanaan pelantikan pengurus HAMAS juga molor dari target yang sudah direncanakan sebelumnya,bahkan memakan waktu setengah tahun baru terlaksananya pelantikan, sehingga dengan terjadinya kemoloran tersebut dapat merusak citra dari paguyuban kabupaten Aceh Selatan itu sendiri.

“Kami melihat tidak adanya program apa pun yang direalisasikan oleh ketua baru, sejak dua tahun masa kepemimpinannya, sehingga kami menilai ada rasa ketidak seriusan ketua HAMAS terpilih dalam mengemban amanah yang sudah dipercayai oleh panguyuban yang ada di Aceh Selatan, seharusnya dia faham tugas dan fungsinya sebagi ketua HAMAS yang merupakan organisasi pemersatu mahasiswa Aceh Selatan yang ada di Banda Aceh dan Aceh Besar,” ujarnya.

Perlu di ketahui, HAMAS merupakan organisasi induk mahasiswa asal Aceh Selatan di kota Banda Aceh dan Aceh Besar yang menaungi 18 organisasi paguyuban kecamatan di Aceh Selatan.

Tujuh dari delapan belas paguyuban yang menarik delagasinya antara lain, Ikatan Mahasiswa Pemuda Kluet Utara (IMPKU),Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Kluet Timur (IPPM KluT), Ikatan Pemuda Mahasiswa Kluet Tengah (IPMA KluT), Ikatan Mahasiswa Pelajar Kluet Selatan (IMPAKS), Forum Komunikasi Generasi Muda Bakongan (FORSIGAMBA),Himpunan Pemuda Mahasiswa Kota Bahagia (HIMAPKOBA), dan Persatuan Mahasiswa Pemuda Pelajar Bakongan Timur (PEMUDA BAKTI).

 

 

Reporter : Safdar S

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *