Petani Karet di Kecamatan Ulu Barumun minta pemerintah stabilkan harga

  • Whatsapp
Gojali Nasution salah seorang petani karet, saat hendak menjual getah karet miliknya, usai berbincang denngan Mitrapol, di Desa Subulussalam, Kecamatan Ulu Barumun, Palas, Minggu (23/6).

MITRAPOL.com, Padang Lawas – Harga getah karet di wilayah Kecamatan Ulu Barumun, Kabupaten Padang Lawas (Palas), naik turun. Seminggu yang lalu harga getah karet basah ditingkat agen, di kecamatan itu, sekitar Rp. 7.700 per kilo gram, saat ini senilai Rp. 7.500 per kilo gram, turun sebesar Rp. 200 per kilo gram.

Terkait kondisi harga getah karet yang yang tidak normal dan sudah sempat membuat bergairah para petani karet, di salah satu wilayah kecamatan penghasil getah karet terbesar di Palas ini beberapa waktu lalu, salah seorang petani karet Gojali Nasution, meminta pemerintah supaya menstabilkan harga karet, hingga sesuai dengan harapan para petani. Dengan harga, kisaran diatas Rp. 15.000 per kilonya,

“Kondisi harga ini, betul-betul membuat kami para petani di kecamatan ini merasa was-was. Karena takut terjadi lagi penurunan harga, eperti harga beberapa bulan yang lalu, hanya sekitar lima ribuan per kilo, dingkat agen”.kata Gojali kepada Mitrapol, di Desa Subulussalam, Kecamatan Ulu Barumun, Minggu (23/6).

Untuk hasil produksi getah karet rata-rata para petani di kecamatan itu, dari amatannya menuturkan, saat ini, sudah mulai membaik. Hal ini dimungkinkan, karena musim gugur daun karet yang dapat mempengaruhi produksi getah para petani, sudah berlalu.

“Mudah-mudahan hasil produksi kami sudah mulai bagus. Karena musim gugur daun sudah berlalu dan kondisi cuaca saat ini, bagus”.tuturnya.

Dilain tempat, kondisi harga getah karet ini, juga dibenarkan salah seorang agen getah karet Abada Harahap. Dari informasi yang di kutip Abada Harahap dari sejumlah rekannya, penurunan harga getah karet ini, bukan hanya terjadi di wilayah kecamatan tersebut. Penurunan harga getah karet saat ini, juga terjadi di wilayah Kecamatan Sosopan dan Kecamatan Barumun.

“Harga getah turun lagi Rp. 200. Di Sosopan dan Barumun juga sama. Semoga penurunan harga ini, segera berakhir dan harga getah karet naik kembali”.harapnya.

 

 

 

Reporter : MS. Hasibuan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *