Di Pasar Sibuhuan harga Bawang Merah turun

  • Whatsapp
Agen Bawang Merah asal Kabupaten Solok, Sumbar Idrus Caniago, di Pusat kota pasar tradisional, Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Palas, Senin (24/6).

MITRAPOL.com, Padang Lawas – Harga Bawang Merah asal Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), ditingkat penyalur menurun, di pusat pasar tradisional Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Kabupaten Padang Lawas (Palas), sebesar Rp. 6.000 per kilo gram, Senin (24/6).

Sebelumnya, harga bawang tersebut, ditingkat agen penyalur, kepada para pedagang eceran, sebesar Rp. 35.000 per kilo gram, saat ini menjadi Rp. 29.000 per kilo gram.

Idrus Caniago seorang agen penyalur bawang merah tersebut mengatakan, terjadinya penurunan harga bawang ini, disebabkan daya beli masyarakat saat ini lagi berkurang. Dan stok bawang di gudang mereka, di kota Solok saat ini, masih membeludak.

“Dengan kondisi daya beli masyarakat seperti ini, mau ngak mau kita harus jual, asal jangan rugi. Karena stok kita masih banyak di gudang”.kata Idrus di, dilokasi dagangannya.

Untuk harga jual dari pedagang eceran kepada masyarakat pembeli, di saat yang sama salah seorang pedagang eceran Rita menyebutkan, pihaknya menjual bawang merah tersebut, sebesar Rp. 34.000 per kilo gram. Kenaikan harga yang cukup lumayan besar, bila dibandingkan dari harga pembelian, kepada agen penyalur yang mencapai selisih sebesar Rp. 6.000 perkilo ini, dijelaskan Rita, disebabkan pihaknya selaku pedagang eceran, masih akan menanggung resiko beban penyusutan yang diakibatkan busuk dan lainya nanti, apabila bawang tersebut, tidak laku terjual dalam waktu sehari (waktu yang bersamaan).

“Apabila bawang tidak laku terjual habis hari ini, yang nanggung resikonya, kan kami pedagang eceran. Gimana nanti kalau busuk dan lainnya, kan kami juga yang nangggung. Itulah ancaman kerugian dagang yang akan kami antisipasi,” jelasnya.

Sedangkan untuk harga cabe, Rita yang juga menjual dua jenis cabe, yakni cabe rawit dan merah, di lokasi dagangannya ini, menyebutkan saat ini, harga cabe rawit naik sekitar Rp.5.000 per kilo gram. Seminggu yang lalu, dia menjual Rp. 55.000 perkilo, saat ini Rp. 60.000 per kilo gram. Dan harga cabe merah menurun, dari sekitar Rp 58.000 perkilo, menjadi Rp 55.000,- saat ini.

 

 

Reporter   : MS. Hasibuan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *