KPU Tobasa sosialisasikan tahapan penetapan caleg terpilih

by -52 views

MITRAPOL.com, Tobasa – Komisi Pemilihan Umum(KPU) Kabupaten Toba Samosir(Tobasa) melaksanakan sosialisasikan penetapan calon anggota legislatif terpilih pada Pemilihan Umum(Pemilu) Tahun 2019 yang baru usai diselenggarakan sesuai aturan dan tahapan pemilu di Aula Kantor KPU Tobasa, Senin (24/06/2019).

Ketua KPU, Henri Pardosi dalam sambutannya saat membuka rapat mengatakan, sosialisasi penetapan adalah sangat perlu dilakukan sebagai komunikasi terhadap caleg terpilih maupun Partai Politik guna menampung dan mempersiapkan hal hal apa dibutuhkan sebelum dilantik sehingga tidak ada kekurangan yang menyebabkan tahapan pemilu terkendala.

“Sebelum ditetapkan KPU perlu kami jelaskan bagaimana tata cara penetapan calon legislatif terpilih, dan hal apa yang harus dipenuhi melengkapi administrasi mendukung penetapan hingga pelantikan,” ujar Henri Pardosi.

Hal senada juga disampaikan Rantu Pasaribu, Komisioner KPU yang membidangi tehnis dalam penjelasanya terkait bagaimana tata cara penetapan mengatakan bahwa hasil penetapan sesuai peraturan dan undang-undang yang berlaku.

“Pemberitahuan penetapan caleg yang terpilih akan disampaikan secara resmi dan tertulis kepada seluruh Partai Politik,” ujar Rantu Pasaribu.

Setelah adanya penetapan dan disampaikan secara tertulis sebelum dilakukan pelantikan harus lebih dulu menyampaikan laporan harta kekayaan calon terpilih serta pelaporan dana kampanye partai politik sehingga KPU tobasa baru bisa mengajukan kepada Gubernur melalui Bupati untuk diusulkan pelantikan terang rantu.

“Perihal LHKPN tidak boleh tidak, apabila tidak ada laporannya hingga waktu yang diberikan ditandai dengan berita acara penyampaian maka calon terpilih tidak dapat diikutkan dalam pelantikan,” sebutnya sambil mengatakan batas waktu penyampaian selama 7 hari setelah ditetapkan sudah harus diterima KPU.

Tentang kapan diumumkan siapa-siapa Caleg terpilih yang akan ditetapkan, Rantu menyampaikan informasi itu akan resmi diumumkan setelah ada hasil keputusan Mahkamah Konstitusi yang saat ini sedang menangani perkara sengketa pemilu.

“Kita tunggulah hasilnya tanggal 1 Juli 2019 yang akan datang,” jawabnya singkat.

Sosialisasi penetapan perolehan kursi partai politik dan penetapan anggota DPRD di Tobasa hasil pemilihan umum Tahun 2019 diikuti oleh Para pengurus dan utusan perwakilan partai politik, Bawaslu kabupaten, juga diikuti oleh pegawai sekretariat KPU, perwakilan Kesbangpol tobasa.

 

 

Reporter   : Abdi. S

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *