OBH CWI : Perjuangan kita berhasil terdakwa divonis bebas

by -70 views

MITRAPOL.com, Jakarta – Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Barat dibawah pimpinan Robert H. Pesumah, SH.,MH, dengan hakim anggota Agus Pambudi, SH.,MH, dan Bambang Budimursito, SH, akhirnya memvonis bebas Amirullah Basir terdakwa penggelapan. Senin 27 Mei 2019.

Sebelumnya, terdakwa Amirullah dituntut atas dugaan tindak pidana penggelapan alat berat Steger Scaffolding milik UD. Berkat Logam Jaya dan dijerat Pasal 372 Jo. Pasal 64 ayat 1 KUHP

Team Penasehat Hukum terdakwa dari Organisasi Bantuan Hukum (OBH) Perkumpulan Catur Wangsa Indonesia (PCWI), Ade Manansah, SH, Deni Wahyudin SH, didampingi Paralegal Bakti Kurnia mengatakan bahwa vonis bebas yang diputuskan majelis hakim sesuai dengan harapan.

“Secara sah klien kami disidang bebas dan ini merupakan harapan kami selama memperjuangkan marwah keadilan,” kata Team PH (Penasehat Hukum) saat di konfirmasi di Kantor OBH PCWI, di Jalan Kembangan Raya No. 46, Kembangan Utara, Kembangan, Jakarta Barat, Senin (24/6/2019).

Team menegaskan, dari awal ia bersama tim PH (Penasehat Hukum) menganalisa surat dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU), namun tidak ditemukan adanya unsur tindak pidana penggelapan terhadap terdakwa.

“Karena dasar hubungan hukum klien kami dengan UD Berkat Logam Jaya adalah keperdataan, yaitu perjanjian sewa menyewa alat berat Steger Scafolding secara tertulis. Maka itu kami ajukan eksepsi berdasarkan kompetensi absolut dan dakwaan yang kabur (Obscur libel) atas surat dakwaan JPU,” ucap Team kuasa Hukum.

Hal senada terlontar dari Advokat Erwin Fandra Manullang, SHDan Ketua Harian PCWI Advokat Mohammad Fajar, SH kuasa hukum lainya ini mengatakan bukti-bukti perbuatan terdakwa yang tidak memenuhi unsur pidananya semakin konkret selama proses pemeriksaan para saksi.

“Usai digelar pemeriksaan saksi-saksi dari pelapor (a charge) secara estafet, semakin kuat bukti bahwa tidak ada unsur dugaan tindak pidana penggelapan terhadap klien kami,” ucap Team Kuasa Hukum menambahkan.

Menurutnya, pada fakta persidangan, sama sekali tidak terungkap unsur dugaan tindak pidana penggelapan alat berat Steger Scafolding sebagaimana yang dimaksud dalam dakwaan Jaksa Penuntut Umum.

“Kami menilai surat dakwaan JPU terhadap klien kami tidak memenuhi unsur pidana, meski dalam tuntutan JPU tetap menuntut pidana 3 tahun penjara,” katanya.

Lebih jauh Team kuasa hukum Catur Wangsa Indonesian menjelaskan, dalam nota pembelaan (Pledoi) bahwa perselisihan yang terjadi antara klien kami dengan UD. Berkat Logam Jaya adalah perselisihan hukum Perdata. Perselisihan tersebut harus diselesaikan melalui ketentuan hukum Perdata, bukan melalui ranah hukum pidana.

Terlepas dari hal itu, kedepannya OBH CWI akan terus berkomitmen untuk memberikan bantuan hukum gratis kepada masyarakat tidak mampu sesuai dengan visi dan misi OBH PCWI yakni, mengedapankan nilai-nilai luhur kemanusiaan dalam setiap bantuan hukum yang diberikan.

Lanjut Mohamad Fajar, SH selaku Ketua Harian PCWI, pihaknya juga mendapatkan ucapan dan apresiasi dari Kepala Divisi Yankum melalui saluran WhatsAp yang diterima oleh Ketua Umum PCWI.

“Alhamdulilah kami juga mendapatkan ucapan dan apresiasi dari Bapak Baroto.,SH selaku Kepala Divisi Yankum, beliau menyampaikan apresiasi atas upaya hukum yang dilakukan OBH Catur Wangsa Indonesia,” ujarnya.

Lanjut Fajar,”beliau juga menegakan bahwa ini menjadi bukti komitmen OBH untuk melakukan pembelaan dan pendampingan pada rakyat yang tidak mampu, sehingga mendapatkan putusan yang seadil-adilnya. Tentunya momen ini menjadi contoh pentingnya kuantitas dan kredibilitas OBH sehingga hasilnya lebih maksimal pada tahapan pembebasan,” tegas Fajar bersemangat.

” Bapak Baroto juga berharap hal itu semoga menjadi motivasi bagi OBH yang lain, khususnya di wilayah Jakarta agar lebih meningkatkan performance guna memberikan pendampingan dan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat,” jelasnya.

 

 

Red

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *