Oknum aparat Desa Adirejo Lampung Timur diduga lakukan Pungli pembuatan kartu KIS

by -356 views

MITRAPOL.com, Metro/Lampung – Salah satu program pemerintah di dalam membantu warga miskin adalah dengan memberikan kartu KIS (Kartu Indonesia Sehat).

Kartu KIS diberikan kepada masyarakat tidak mamapu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis. Kartu KIS dapat digunakan disetiap fasilitas kesehatan tingkat pertama dan tingkat lanjut.Kartu ini dibagikan secara gratis.

Namun fakta dilapangan masih saja ada oknum aparat desa yang berani secara terang-terangan melakukan pungli/meminta sejumlah uang didalam pembuatannya.

Warga Adirejo Pekalongan Lampung Timur menuturkan bahwa ada aparat desa/bayan yang diduga sengaja secara terang-terangan meminta sejumlah uang untuk pengurusan kartu KIS,

“Kami warga Adirejo Pekalongan Lampung Timur dimintai uang oleh bapak bayan yang bernama Sus sebesar 100 ribu untuk pengurusan pembuatan kartu KIS,ia beralasan kepada warga bahwa uang tersebut digunakan sebagai kelengkapan berkas.Terus terang kami keberatan pak,uang itu kami nilai cukup besar sedangkan kami hanya buruh serabutan,” ungkapnya.

Kemudian tim media melakukan konfirmasi dengan menemui Sus selaku aparat desa/bayan Dusun Adirejo Pekalongan Lampung Timur terkait adanya dugaan pungli pembuatan kartu KIS,

“Kami mendapatkan informasi dari TKSK Kecamatan Pekalongan bahwa adanya pembuatan kartu KIS secara masal. Dalam pembuatan Kartu KIS itu syarat-syarat, seperti pas foto, fotocopy KK, foto rumah, tanda tangan dari Kepala Desa sampai ke Kecamatan, dan kita kerja sampai malam, maka kita sampaikan kemasyarakat perlu bantuan administrasi dan hitung-hitung ketemunya hampir seratus ribu.Maka kita meminta dana tersebut ke masyarakat.TKSK yang mengurusi dan yang memberikan stempel,kalau tidak sulit jadinya, ” jelas Sus kepada awak media,Sabtu (22/06/2019).

Oleh karena itu sejumlah warga Adirejo Pekalongan Lampung Timur akan melaporkan aparat Desa tersebut yang telah melakukan Pungli. Sementara Kepala Desa Adirejo Pekalongan Lampung Timur seperti menutup mata terkait permasalahan ini.

Sebagai informasi, prosedur pembuatan Kartu BPJS PBI (KIS) adalah sebagai berikut:
1. Menyiapkan KTP dan KK
2. Membuat SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) dari Desa atau kelurahan dengan pengantar dari RT/RW
3. Pergi ke Puskesmas untuk meminta surat pengantar Pendaftaran BPJS Sebagai peserta PBI yang nanti akan mendapatkan kartu KIS.
4. Setelah dokumen lengkap, datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan untuk kemudian dijadwalkan hadir pengambilan kartu.
5. Pendaftaran tidak memakan waktu yang lama, dan anda akan langsung mendapatkan kartu KIS sebagai kartu BPJS untuk peserta BPJS PBI atau penerima bantuan iuran dari dari pemerintah.

 

 

TIM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *