Desa Parakanlima dinilai tidak transparan kelola Dana Banprov TA 2019

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Lebak – Pemerintah Desa Parakanlima kecamatan Cirinten Kabupaten Lebak-Banten, dinilai tidak transparan dalam mengelola Dana Bantuan Provinsi (Banprov) Tahun anggaran 2019.

Hal itu terungkap Ketika Tim Mitrapol turun melakukan penelusuran dan mencoba menyoroti Penggunaan Dana Banprov desa Parakanlima.

Nampak ada fisik bangunan perkerasan (Pemasangan Batu belah) namun tanpa Papan Informasi terpasang untuk informasi publik, hal itu menunjukan Pemerintah Desa (Pemdes) Parakanlima telah abai terhadap kewajiban dalam memberikan Hak informasi kepada publik sesuai mekanisme Petunjuk Pelaksanan (Juklak).

Perlu diketahui, Bahwa Papan informasi Banprov, tertuang didalam Juklak dan Juknis kegiatan yang harus dipenuhi (Wajib Dipasang) Pasalnya, sesuai mekanisme berpungsi sebagai akses transfaransi anggaran dalam kegiatan pembangunan desa.

Yani, Selaku Kasi EkbangSos Desa Parakanlima ketika ditanyakan terkait Papan Informasi yang tidak dipasang, Jumat (28/6/2019). Namun dirinya enggan memberi jawaban dengan alasan itu ranah kepala desa

“Maaf saya tidak bisa menjelaskan karena itu ranah kepala desa,” ujarnya.

Jawaban Yani tersebut amat bertolak dengan Tupoksi dirinya sebagai Kasi Ekbang yang jelas-jelas membidangi kegiatan pembangunan desa.

Perlu diingat, selain Papan informasi bertujuan untuk mempublikasi dana Banprov TA 2019 diruang terbuka, biaya pembuatan papan informasi itu juga tercantum dalam Rencana Anggaran Belanja (RAB) sehingga patut dipertanyakan juga, Kemana anggaran tersebut ?.

 

 

Reporter    : Rohman

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *