Manfaat ADD sangat dirasakan masyarakat Desa Campang Tiga

by -68 views

MITRAPOL.com, Lampung Barat – Desa dalam ranah hukum UU Nomor 23 Tahun 2004 tentang pe-merintahan daerah dan UU Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa. Menurut undang-undang tersebut, desa adalah wilayah yang berhak mengolah sumber dayanya sendiri dalam sudut pemerintahan dan kebudayaan.

Pengertian tersebut menjadikan desa sebuah kelompok yang mempunyai kewajiban untuk memerintah dan membenahi para anggotanya. Dalam pembangunan, desa dianggap sangat penting karena desa menjadi organisasi penentu kesuksesan program pemerintah.Pengelola pemerintahan desa di-jelaskan merupakan bagian penye-lenggaraan pemerintahan, sehingga desa memiliki hak untuk memerintah dan membenahi kebutuhan masyarakatnya.

Gagasan otonomi desa didasarkan pada prinsip dan berpendirian pada efisiensi, efektivitas, transparansi, akuntabilitas dan demokratisasi kualitas kerakyatan di dalam jalannya pengelolaan pemerintahan.Desa membutuhkan orang-orang yang mampu mengelola dan memiliki semangat membangun yang tinggi guna mengatasi masalah di desanya dengan menyusun rencana tepat agar dapat menjaga proses pembangunan yang ada.

Seperti manfaat dana desa (DD) Dari tahun ke tahun sangat dirasakan warga desa Campang Tiga, kecamatan Batu Ketulis, kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung, dengan adanya dana desa, pembangunan di desa Campang Tiga semakin terasa. Belum lama ini desa Campang Tiga membanguan jalan Rabat Beton sepanjang 500 meter yang berlokasi di Pemangku Lima Way Heni dan Pemangku Emat Trimulyo.

Keberadaan sarana jalan itu memberikan dampak positif terhadap kemajuan ekonomi warga dari hasil kebunnya, karena sebagian besar warga di Desa Campang Tiga itu petani penggarap lahan.

Landra Kepala Desa Campang Tiga mengatakan, untuk menggenjot perekonomian warga yang memiliki lahan pertanian di Kampung, salah satu upaya membangun sarana jalan.

“Pada tahun 2019 ini Melalui Dana Desa mengalokasikan pembangunan jalan rabat beton sepanjang 500 Meter,” katanya Jumat (28/05/19).

Dijelaskan, dengan tuntasnya pembangunan jalan rabat beton itu nanti, maka kesulitan warga terkait persoalan transportasi sudah bisa terjawab, “Berbagai hasil lahan masyarakat, seperti kopi dan hasil pertanian lainnya, tidak lagi diangkut menggunakan tenaga manusia, tapi sudah bisa menggunakan Motor atau kendaraan lainnya,” ungkapnya.

Disamping itu dia menambahkan,”Semoga pembangunan Tersebut bermanfaat untuk masyarakat dan jalan bisa dirawat,” Pungkasnya

 

 

Reporter    : Deni Andestia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *