Wakapolres Tanggamus hadiri Doa bersama dan silaturahmi Pemuda Lintas Agama Pringsewu

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Pringsewu – Pemuda Lintas Agama Kabupaten Pringsewu bersama sejumlah komunitas yang ada di Bumi Jejama Secancanan menggelar Doa Bersama dan Silaturahmi Halal Bihalal Pasca Pilpres 2019.

Kegiatan yang terselenggara secara swadaya oleh organisasi dan komunitas itu dipusatkan di gedung NU Pringsewu dihadiri Wakil Bupati Hi. Fauzi, Wakapolres Tanggamus Kompol MN. Yuliansyah, SH.,MH dan Danramil Pagelaran Kapt. Inf. P. Rahmat mewakili Dandim Tanggamus.

Acara tersebut dihadiri 400-an pemuda yang berasal dari berbagai macam organisasi dan komunitas. Diantaranya, GP Ansor, Banser, Pemuda Katolik, Pemuda Kristen, Pemuda Budha dan Perhimpunan Pemuda Hindu.

Selain itu, FKPPI, KOSTI, BPKel Oi, BMPSI, Menwa, dan HMI. Juga sejumlah komunitas, seperti Berbagi Nasi, Vespa Bambu Seribu, Aksi 2000, komunitas reptil dan komunitas kucing.

Dalam kesempatan itu, Pemuda lintas agama Kabupaten Pringsewu mendoakan untuk persatuan dan kesatuan masyarakat paska pemilihan presiden 2019.

Doa tersebut disampaikan secara bergantian oleh pemuda dari masing-masing perwakilan agama di Kabupaten Pringsewu. Yakni Islam, Katolik, Kristen, Hindu dan Budha.

Wakapolres Kompol MN. Yuliansyah mengaku baru kali ini mendapati tokoh organisasi, ormas dan budaya bisa bergabung menjadi satu.

Sebab menurutnya, semenjak 32 tahun berdinas di Polri, ia merasakan suasana keakraban dalam bentuk pemuda lintas agama ditambah dengan gabungan komunitas.

Kesempatan itu, Wakapolres meminta supaya tetap mewaspadai radikalisme. “Kita harus sadari bahwa NKRI adalah harga mati,” ucapnya.

Ketua Panitia Pelaksana Halal Bil Halal, Rustadi Wijaya mengungkapkan, bahwa kegiatan ini sebagai kegiatan yang ketiga kalinya diselenggarakan selama tiga tahun terakhir di Kabupaten Pringsewu.

Kegiatan tersebut dalam rangka mewujudkan kerukunan atas perbedaan yang ada di Bumi Jejama Secancanan.

“Kegiatan sebagai bentuk kesadaran selaku Pemuda Pringsewu yang memiliki tujuan bersama, yakni ingin mewujudkan Pringsewu yang damai nyaman tanpa konflik dan menghargai perbedaan,” ungkapnya.

Ditempat sama, Wakil Bupati Hi. Fauzi mengungkapkan, kegiatan kebersamaan ini merupakan inovasi dan inspirasi Pemuda Pringsewu. “Kegiatan ini sangat positif, kami berharap kegiatan ini berkelanjutan karena sangat baik,” ungkapnya.

Dimana beragam perbedaan, baik itu agama, hobi, maupun keyakinan bisa bersatu bersama mewujudkan agar Kabupaten Pringsewu tetap aman dan damai.

Apa lagi, tambah Fauzi, saat menghadapi even nasional Pileg dan Pilpres kemarin, masyarakat Kabupaten Pringsewu dapat menunjukkan kedewasaan dalam berdemokrasi.

Sementara, Danramil Pagelaran Kapten (Inf) P. Rahmat berpesan supaya dengan perbedaan dapat meningkatkan persatuan. Menurutnya, perbedaan itu merupakan harta kekayaan Indonesia. “Perbedaan harapannya bisa menjadi kekuatan,” tuturnya.

 

 

Reporter    : Deni Andestia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *