432 Surat SKDS diserahkan dari Capil Kepulauan Seribu

by -11 views

MITRAPOL.com, Jakarta – Usai melakukan pendataan penduduk, Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Sudin Dukcapil) Kepulauan Seribu menyalurkan 432 Surat Keterangan Domisili Sementara (SKDS) di dua Kecamatan Kepulauan Seribu.

Pendistribusian SKDS tersebut dilakukan secara simbolis oleh Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta, Dhany Sukma yang didampingi Kepala Sudin Dukcapil Kepulauan Seribu, Rosnany, Camat Kepulauan Seribu Selatan, Camat Kepulauan Seribu Selatan, Angga Saputra, serta Lurah Pulau Tidung, Cecep Suryadi di dua Kelurahan, yaitu Kelurahan Pulau Tidung dan Kelurahan Pulau Pari.

“Kegiatan ini merupakan wujud pendekatan layanan untuk pemenuhan hak dokumen kependudukan, jadi Penduduk Non Permanen Kepulauan Seribu, mendapatkan SKDS sehingga tertib administrasi,” kata Dhany Sukma di Pulau Tidung, Rabu (03/07/2019).

Berdasarkan data dari Sudin Dukcapil Kepulauan Seribu, 432 Penduduk Non Permanen tersebut berasal dari Kelurahan Pulau Kelapa berjumlah 73 orang, Kelurahan Pulau Harapan (103), Kelurahan Pulau Panggang (45), Kelurahan Pulau Tidung (41), Kelurahan Pulau Pari (64), Kelurahan Pulau Untung Jawa (106).

“Ketika kita berikan SKDS tersebut, hal ini memudahkan kita untuk data identifikasi terkait kondisi faktual, yang fungsinya untuk membuat kebijakan, dan juga demi pemenuhan hak dokumen kependudukan,” tambah Dhany Sukma.

Sementara itu, Camat Kepulauan Seribu Utara, Angga Saputra menilai, kegiatan pendataan tersebut membantu keperluan di Kecamatan dan Kelurahan terkait data penduduk.

“Pendataan ini penting, sehingga semua laporan di setiap wilayah lengkap, dan terpenting penduduk non permanen bisa merasakan kebijakan dari SKDS yang diterima,” tuturnya.

Menanggapi hal ini, Jaya (48) salah satu penduduk non permanen yang tinggal di Pulau Tidung mengaku, kehadiran SKDS membantu dirinya mendapat pemenuhan identitas.

“SKDS tentunya membantu saya mendapat pemenuhan pendataan, sehingga kami tidak merasa diasingkan,” tambahnya.

 

 

Reporter   : Semi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *