Yonif Raider 613/Raja Alam Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan

by -71 views
Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 613/Rja Letkol Inf Fardin Wardhana

MITRAPOL.com, Nunukan Kaltara – Tugas pokok Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) adalah menjaga kedaulatan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan melaksanakan patroli patok-patok batas Negara secara rutin, juga melakukan pencegahan terhadap kegiatan ilegal di perbatasan. Selain itu juga melaksanakan pembinaan teritorial kepada masyarakat yang ada diwilayah yang menjadi tanggung jawabnya.

Hal tersebut yang dilakukan oleh Anggota Pos SSK I Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 613/Raja Alam yang berada di Kec. Sebatik Kab. Nunukan Prov. Kaltara.

Berikut wawancara exlusive reporter mitrapol.com Yusuf Palimbongan dengan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 613/Rja Letkol Inf Fardin Wardhana

Mitrapol   : Bagaimana pengalaman bapak selama bertugas memimpin 450 prajurit diperbatasan Indonesia Malayaia,?

Dansatgas Pamtas   : Memimpin 450 prajurit Yonif Raider 613/Rja untuk menjaga keamanan di wilayah perbatasan RI – Malaysia khususnya di wilayah kabupaten Nunukan bagi saya merupakan pengalaman yang cukup berharga.

Selama kurang lebih 11 Bulan kami berdinas di kabupaten Nunukan, kami sangat mengapresiasi kepada Pemda dan seluruh tokoh masyarakat dan tokoh agama disini karena sangat mendukung pelaksanaan tugas kami, selama kami bertugas dan bisa memberikan beberapa hal yang positif berkat dukungan dari pemerintah daerah dan juga tokoh masyarakat.

Dan Satgas Pamtas Yonif Raider 613/Raja Alam Letkol Inf Fardhin Wardana saat diwawancarai Mitrapol

Mitrapol   : Berapa jumlah prajurit yang bertugas dan menempati berapa pos ?

Dansatgas Pamtas   : Prajurit Yonif Raider 613/Rja yang bertugas disini berjumlah 450 orang yang tersebar di 25 Pos penjagaan mulai dari Sebatik hingga Krayan.

 

Mitrapol   : Bagaimana membangun komunikasi dengan masyarakat pedalaman ?

Dansatgas Pamtas   : Kami rasa tidak sulit karena kita sudah terbiasa bertugas di daerah yang sangat sulit, komunikasi dengan masyarakat di perbatasan tidak ada kendala karena semua mengunakan bahasa Indonesia dan bahasa Melayu.

 

Mitrapol   : Prestasi dan kesuksesan selama bertugas diperbatasan,?

Dansatgas Pamtas   : Salah satu keberhasilan kami selama bertugas dan membuat kami cukup bangga adalah keberhasilan kami menggagalkan penyelundupan narkoba sebanyak 6,4 Kilo, penemuan patok perbatasan yang sejak didirikan belum pernah ditemukan, sekitar 40 tahun sejak dibuat baru kamu temukan.

 

Mitrapol   : Selain masalah narkotika apa lagi yang pernah ditemukan oleh pasukan selama bertugas di perbatasan ?

Dansatgas Pamtas   : Selain narkotika, selama kami bertugas telah berhasil menggagalkan penyelundupan minuman keras (miras) kurang lebih 6-7 ribu Botol dari berbagai Jenis, setiap ada tangkapan kami serahkan kepada pihak yang berwenang, kami hanya sekedar menangkap kemudian menyerahkan kepada yang berhak seperti kepolisian atau Bea Cukai.

 

Mitrapol   : Selama bertugas di pos-pos mana saya yang paling rawan penyelundupan barang barang terlarang ?

Dansatgas Pamtas   : Semua pos di wilayah perbatasan berpotensi rawan dari berbagai jenis bentuk pelanggaran, oleh karena itu seluruh anggota selalu siap siaga selama 24 Jam.

 

Mitrapol   : Selama bertugas diperbatasan apa saja yang dilakukan dan dibenahi oleh pasukan ? apakah ada perbaikan dengan patok perbatasan .?

Dansatgas Pamtas   : Kalau untuk masalah patok itu menjadi tanggung jawab pusat dan setiap ada pejabat pusat kami yang mendampingi meninjau wilayah perbatasan Sebatik, kami mendampingin pemerintah pusat dalam hal ini Badan Giofasial itu yang sedang ada di Sebatik bekerja sama antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah Malaysia dalam rangka membetulkan lokasi patok-patok yang mungkin miring untuk dilakukan pembetulan harus ada persetujuan antara 2 negara tidak bisa pemerintah Indonesia saja atau bahkan satgas saja.

 

Mitrapol   : Selama kurang lebih 11 bulan bertugas diperbatasan, bagaimana membangun Komunikasi dengan pihak Tentara Diraja Malaysia ?

Dansatgas Pamtas   : Jalinan kerja sama antara Satgas Pamtas dengan batalyon 6003 MMD Malaysia selama kami bertugas bejalan dengan baik, tidak ada kendala apapun, kami juga satu minggu sekali berkomunikasi Via radio dengan pihak Tentara Malaysia.

 

Mitrapol   : Apa saja kegiatan kerjasama antara Askar Malaysia dengan Tentara Indonesia, apa ada latihan bersama di Perbatasan ?

Dansatgas Pamtas   : Satgas yonif Raider 613 sering melaksanakan latihan bersama untuk mendukung pelaksanaan tugas patroli bersama antara Tentara Diraja Malaysia dan Satgas Pamtas Yonif Raider 613/Rja antara Indonesia dan Malaysia mulai dari Semenggaris hingga Serudung.

 

 

Reporter    : Yusuf. P

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *