Tingkatkan profesionalisme jurnalis, PWI Jaya gelar orientasi wartawan

by -103 views

MITRAPOL.com, Jakarta – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi DKI Jakarta melaksanakan orientasi wartawan yang diikuti sebanyak 48 wartawan dari berbagai media yang ada di Jakarta, baik cetak maupun online. Sabtu (6/7/2019), di Kantor Sekretariat PWI DKI Jakarta di Gedung Prasada Sasana Karya Lantai 9 Jl. Suryopranoto No. 8 Jakarta Pusat, Sabtu (6/7/2019).

Hadir dalam acara tersebut Ketua PWI DKI Jakarta Sayid Iskandarsyah, Wakil Ketua Bid. Kesejahteraan PWI Tubagus Adhi, Pembicara Drs. Kamsul Hasan, SH.,MH, Dewan Penasehat Agus Halim serta seluruh pengurus PWI DKI Jakarta.

Ketua PWI DKI Jakarta saat memberikan sambutan

Acara diawali dengan perkenalan kepengurusan PWI DKI Jakarta periode 2019 – 2023, dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua PWI DKI Jakarta terpilih Sayid Iskandarsyah yang sekaligus membuka acara ini.

Dalam sambutanya Ketua PWI DKI Jakarta, mengatakan,”Saya sangat berterima kasih atas kehadiran rekan-rekan wartawan, semoga dengan mengikuti orientasi ini dapat menjadikan wartawan lebih profesional dalam membuat karya jurnalistiknya,” ujarnya.

“Event ini adalah ajang bagi PWI Jaya dalam merekrut anggota-anggota baru dan juga ajang anggota lama pemperbaharui kartu keanggotaannya sudah hilang atau tidak aktif lagi, dalam kegiatan ini kami tidak mengedepankan kuantitas tapi kualitas, makanya dibatasi hanya 40 peserta, sekarang 48 karena antusiasme terhadap pengurus baru ini begitu besar, jadi kami apresiasi,” ungkap Kesit.

Ketua Komisi Kompetensi PWI Pusat, Drs. Kamsul Hasan saat menyampaikan paparan

 

Lanjut Kesit,”Pihaknya berharap dengan adanya orientasi ini, seluruh anggota PWI Jaya bisa memahami peran, hak dan tanggungjawabnya saat menjalankan tugas sebagai wartawan dimana pun bertugas, serta menjunjung tinggi nilai organisasi ini.”

Sementara Tubagus Adhi yang menjabat Wakil Ketua Bidang Kesra PWI DKI Jakarta, dalam sambutanya mengatakan,”Berbahagia saya bisa bertemu teman-teman pada acara orientasi wartawan ini, acara ini sebagai lompatan untuk menjadikan teman-teman wartawan lebih professional.”

Dalam acara yang dibagi dalam tiga sesi ini, sesi yang paling menarik adalah sesi pemaparan yang disampaikan oleh Ketua Komisi Kompetensi PWI Pusat, Drs. Kamsul Hasan.

Para peserta orientasi wartawan PWI Jaya

 

Kamsul Hasan dalam kesempatan ini memaparkan tentang penerapan Kode Etik Jurnalistik dan UU No 40/1999 tentang Pers dalam pemberitaan ramah anak pada karya jurnalistik.

Sesi ini sangat menarik untuk disimak karena Kamsul Hasan memaparkan secara detail rambu-rambu hukum bagi para wartawan dalam menjalankan tugas Jurnalistiknya.

Orientasi Wartawan PWI DKI Jakarta diakhiri dengan sesi pemaparan cara penulisan berita yang disampaikan Kesit Budi Handoyo selaku Sekertaris PWI DKI Jakarta.

Dari kiri, Wakil Ketua Bidang Pembelaan Wartawan Arman Suparman, Ketua Umum PWI DKI Jakarta Sayit Iskandar dan Sekretaris Dewan Kehormatan Berman Lumban Raja Nainggolan

Kesit menyapaikan,”Menulis berita adalah dasar bagi wartawan dalam menjalankan tugas dan fungsinya, wartawan harus bisa menulis dan memahami Kode Etik Jurnalistik. Banyak sekali yang harus dipahami didalam dunia wartawan,” ujarnya.

 

 

Reporter    : Muktaridi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *