Warga Kelurahan Angke keluhkan limbah cat sablon

by -64 views

MITRAPOL.com, Jakarta – Warga RT 09 RW 01 Kelurahan Angke, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat mengeluhkan pembuangan limbah cair yang diduga dibuang oleh salah satu pabrik industri konveksi yang berada di wilayah tersebut.

Home industri yang bergerak dibidang tekstil tersebut membuang limbah cat langsung ke Selokan (Got) yang mengalir dipemukiman Angke Indah 1, Gang 4 Angke Tambora.

Ada dugaan usaha konveksi tersebut tidak mempunyai sarana pengolahan limbah industri, sehingga diduga membuang limbah industrinya langsung ke saluran got, hal tersebut terlihat dari air selokan (got) yang mengalir berwana hitam dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

”Air limbah yang dikeluarkan dari konveksi itu berwarna pekat juga berbau tidak sedap dan tercium masuk ke dalam mushola Anwarul Hidayah,” kata salah satu warga yang tidak mau disebutkan namanya kepada wartawan, Minggu (7/7/2019) sore.

Ia juga mengatakan, air selokan berwarna pekat dan bau itu, akibat dari kegiatan sablon dari rumah konveksi yang ada dilokasi seputar Warga.

“Itu dari sablon pak, makanya air yang dibuang ke got jadi berwarna pekat. Selain itu juga bisa mencemari kualitas air tanah hingga dapat menimbulkan penyakit yang mungkin dapat membuat seseorang Terinfeksi penyakit,” ucapnya.

Warga berharap agar Dinas Lingkungan Hidup segera melakukan dan penindakan terhadap usaha konveksi tersebut, warga menduga limbah industrinya dapat merusak lingkungan dan ekosistem sekitar.

Sementara pihak pemilik usaha konveksi belum bisa dihubungi guna dimintai keterangannya.

 

Reporter   : Shemi

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *