Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumsel musnahkan barang bukti narkotika

by -33 views

MITRAPOL.com, Sumsel – Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumatera Selatan melakukan pemusnahan barang bukti narkotika hasil tangkapan selama bulan Mei hingga Juni 2019.

Dari data yang berhasil dihimpun, sebanyak 6 kasus laporan polisi dengan jumlah tersangka 12 orang turut dihadirkan dalam pemusnahan. Barang bukti narkotika jenis sabu seberat 833 gram dimusnahkan dengan cara diblender dan ganja 144 kilogram dimusnahkan dengan cara dibakar.

Kapolda Sumsel, Irjen Pol Drs Firli, mengungkapkan pemusnahan barang bukti narkotika ini merupakan wujud Polri dalam melakukan pemberantasan narkotika.

“Dalam pemberantasan narkotika, tidak cukup hanya dengan cara penangkapan dan pemusnahan barang bukti. Ada hal penting yang harus dilakukan yaitu dengan pendidikan masyarakat dan upaya pencegahan,” ungkapnya di halaman Mapolda Sumsel, Selasa (9/8).

Melalui pendidikan masyarakat, pihaknya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk melakukan penyuluhan dalam menjauhi narkotika.

“Langkah selanjutnya yakni upaya pencegahan. Setelah penangkapan tetapi selalu ada saja peredaran, karena ada permintaan. Kalau tidak ada permintaan barang haram ini, maka otomatis jaringan peredaran narkotika akan berhenti dengan sendirinya,” tambahnya.

Dalam pemusnahan barang bukti para tersangka, Ditres Narkoba juga mengeluarkan para tersangka pemilik narkotika. Yang sangat memprihatinkan dari tangkapan tersebut ada pasangan suami istri asal Mesuji dan dua orang kaki tangannya ikut diamankan di Mapolda Sumsel.

Keduanya hanya tertunduk lesu sambil bergandengan tangan menyaksikan pemusnahan barang bukti.

“Benar untuk kedua suami istri kami amankan di wilayah OKI. Tepatnya perbatasan Sumsel dan Lampung di daerah Mesuji. Ada pasangan suami istri ini membuat kita sangat prihatin. Saya kira masyarakat jika mengetahui ada tetangga yang terlibat menjadi bandar atau jaringan narkoba dapat memberikan informasi kepada pihak kepolisian,” pungkasnya.

 

 

Reporter   : Adri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *