Wakil Bupati Wajo paparkan RPJMD serta Visi dan Misi Kabupaten Wajo pada acara FGD

by -28 views

MITRAPOL.com, Wajo – Focus Group Discussion (FGD) antara Unit Kerja di BPPT dengan Pemprov/Pemkab Sulawesi Selatan dilaksanakan di Ruang Rapat Komisi 1, 2 dan 3 di lantai 3 Gedung 2 BPPT Jalan MH. Thamrin Jakarta yang dihadiri oleh Wakil Bupati Wajo H. Amran, SE.

Kegiatan ini dalam rangka menindaklanjuti MoU antara BPPT dengan Pemprov/Pemkab Sulawesi Selatan yang telah ditandatangani pada tanggal 13 Maret 2019 di acara Raker BPPT 2019 di Makassar, serta pertemuan di Balitbang Provinsi Sulsel tanggal 21 Juni 2019.

Wakil Bupati Wajo H. Amran, SE dalam pemaparannya menyampaikan RPJMD, Visi Misi Kabupaten Wajo yang ada kaitanya dengan penerapan teknologi pada BPPT.
Juga memaparkan usulan kegiatan yang akan kerjasama antar Kabupaten Wajo dengan BPPT, diantaranya.

Wakil Bupati Wajo H. Amran, SE.

Pengkajian dan Penerapan Teknologi Di Bidang Agroindustri dan BioTeknologi. Dimana dipaparkan Potensi Daerah Persawahan 99.720 Ha, Irigasi Teknis 29.602 Ha, Non Irigasi (Tadah Hujan) 69.638 Ha, Non Irigasi (Rawa Pasang Surut) 480 Ha. Tegalan/kebun : 26,22% Luas Wajo 2.506,19 km2 dan 3 aliran sungai & 126 daerah irigasi serta lahan yang sementara tidak diusahakan 6.456 Ha.

Kawasan Danau Tempe yang menjadi catchment area 28.000 Ha – 43.000 Ha. sesuai Keputusan Menteri Kehutanan No. SK.88/Menhut-II/2011, berupa pembentukan Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Model Awota untuk pengelolaan lahan hutan negara untuk mendukung tujuan pelestarian pengelolaan sutra alam di Kabupaten Wajo.

Dengan hasil yang diharapkan diantaranya, Pengembangan Integreted Farming. Satu produk unggulan ditiap Kecamatan. Pembangunan Technopark Persutraan Kabupaten Wajo. Pembangunan Industri Pengolahan Kakao. Pembangunan Industri olahan Rumput Laut, dan Pembangunan Industri Pengolahan hasil Danau Tempe.

Selanjutnya dipaparkan tentang Pengkajian dan Penerapan Teknologi di bidang Pengembangan Sumber Daya Alam dan Lingkungan, Pengkajian dan Penerapan Teknologi di bidang Industri Rancang Bangun dan Rekayasa dan Pengkajian dan Penerapan Teknologi di Bidang Informasi, Energi, dan Material. Dan point-point diatas nantinya diharapkan menjadi kegiatan yang akan dikerjasamakan antar Pemerintah Kabupaten Wajo dengan BPPT.

Hadir dalam acara ini Wakil Bupati Wajo, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Wajo Dr. Hj. Indo Wellang.

 

 

Reporter : Andhy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *