Masjid Taqwa Metro Lampung ramai di medsos, ini penjelasan Wakil Walikota

by -632 views
Wakil Walikota Metro Lampung Hi. Djohan saat ditemui tim Mitrapol, Senin (09/07/19)

MITRAPOL.com, Metro Lampung – Mesjid Taqwa salah satu Masjid terbesar dan merupakan sebuah mesjid yang menjadi cagar budaya di Kota Metro Lampung, terletak di pusat Kota di Jl. Letjend Alamasyah Ratu Prawira Negara No.1, Imopuro, Metro Pusat, Kota Metro, Lampung. Dikelilingi oleh pusat perkantoran dan pertokoan sehingga membuat Masjid Taqwa ramai dikunjungi jemaah.

Belum lama ini Masjid Taqwa ramai menjadi perbincangan di group media sosial warga Metro. Persoalannya adalah tidak efektifnya berbagai pasilitas yang ada, sehingga sebagian warga Metro mengeluh. Hal ini membuat Wakil Walikota Metro Lampung angkat bicara melalui group medsos tersebut.

Loading...

Berbagai persoalan Masjid Taqwa yaitu toilet yang rusak, kolam air mancur yang tidak berfungsi serta tidak ada transfransi didalam pengelolaan dana keuangan, mendapat tanggapan dari Wakil Walikota Metro Lampung Djohan.

“Masalah masjid Taqwa memang perlu perhatian kita semua, dan postingan tersebu tidak salah koq, saya sudah bicarakan jauh hari sebelum puasa agar pak Sekda mengundang seluruh pengurus masjid agar duduk bareng dengan aparat dinas yang ada. Kaitannya dengan anggaran APBD yang masuk ke Masjid untuk kebaikan kita bersama. Saya juga kasihan dengan Buya Zakaria sebagai ketua, jadi saya siap untuk memimpin rapat/duduk bareng. Mudah-mudahan ini juga sebagai bahan pengingat saya mempertanyakan kepan terlaksananya rapat tersebut. Terima kasih atas perhatian semua.”

Atas tanggapan Wakil Walikota dimedsos tersebut, tim Mitrapol menemui dan meminta kejelasan serta solusi agar masjid Taqwa menjadi lebih baik,

“Kalau kaitannya masjid Taqwa, saya sering sholat shubuh disana. Saya dapat laporan dari jemaah dan sewaktu bulan puasa masalah air. Tapi sudah kita buatkan sumur bor dan dana tersebut kita berikan dari Dinas Sosial. Selain itu hingga sekarang ada toilet yang kurang berfungsi /rusak belum didandani. Saya bilang ada dananya, tapi nanti saya tahu cari dulu, sumber dananya benar,” jelasnya kepada Mitrapol, Senin (09/07/19).

Mengenai fasilitas kolam air mancur dan gedung yang tidak terurus, serta pagar masjid yang tidak dicat, Wakil Walikota mengatakan akan melihat kegunaan serta fungsi gedung tersebut.

“Saya sudah lihat gedung itu, setiap jalan pulang selesai sholat subuh saya lihat diatas gedung banyak ranting pohon dan rumput, pertanyaan saya, ini pos atau apa kok tidak digunakan, kalau tidak ada fungsi dan manfaat bongkar saja. Kolam air mancur tidak berfungsi malah digunakan anak-anak terkesan kurang baik. Kegunaannya saya tidak tahu, tapi saya tidak mempermasalahkannya. Untuk apa sih kita berpikir mundur kebelakang kita lihat kedepan saja. Saya tidak mau menyalahkan si A atau si B justru nanti salah kita. Saya bahkan sudah menyarankan cari tahu, sewaktu dulu pelimpahan pengurusan Masjid dari yayasan ke Pemda pada saat zaman pak Mozes hanya pengelolaan masjid. Tapi masalah aset bagaimana, karena uang pemerintah akan masuk ketika itu aset punya pemerintah. Soalnya asetnya bukan punya pemerintah enggak mungkin uangnya masuk, apalagi mau tiap tahun,” jelasnya.

Wartawan Mitrapol bersama Wakil Walikota Metro Lampung Hi. Djohan usai wawancara

Pengelolaan dana kedepannya akan dilakukan secara transfaransi dan dalam waktu dekat Wakil Walikota berjanji hal ini akan dirapatkan.

“Mengenai pengelolaan dana masjid saya rasa ketua saat ini tidak tahu, karena beliau bukan orang administrasi, fokusnya beliau ibadahnya. Ada juga laporan kepada saya bahwa setiap Jum’at masjid Taqwa melaporkan pendapatan/pemasukan tapi tidak dilaporkan penggunaannya. Kedepan akan kita kumpulkan pengurus masjid beserta dinas terkait supaya warga Kota Metro tahu bahwa ada transfaransi dalam pengelolaan dana sehingga tidak terjadi tumpang tindih,” tutup Djohan.

Kedepan harapan besar warga Kota Metro Lampung kepada Pemerintah Kota Metro maupun jajaran pengurus masjid taqwa, agar permasalahan yang ada saat ini dapat diselesaikan sehingga Masjid Taqwa yang menjadi kebanggaan warga Kota Metro Lampung dapat menjadi lebih baik.

 

 

Reporter   : Muktaridi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *