Upacara Hari Bhayangkara Ke 73 Bupati Lampung Barat sampaikan amanat Presiden RI

by -26 views

MITRAPOL.com, Lampung Barat – Jajaran Polres Lampung Barat menggelar upacara peringatan Hari Bhayangkara Ke-73 Tahun di Lapangan Pemda Lampung Barat, Kecamatan Balik Bukit, Kabupaten Lampung Barat, Rabu (10/7/19) pukul 08.00 Wib.

Upacara Hari Bhayangkara megusung tema “Dengan Semangat Promoter Pengabdian Polri untuk Masyarakat, Bangsa, dan Negara” bertindak selaku inspektur upacara (Irup), Bupati Lampung Barat Hi.Parosil Mabsus, Perwira Upacara Kompol Daut,SH. dan selaku komandan upacara Ipda Ucok Frans Saragi.

Pada kesempatan itu, Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus membacakan amanat Presiden RI mengatakan, apresiasi kepada anggota Polri Kerja keras dan pengabdian Polri dalam menjaga situasi keamanan dalam negeri sepanjang tahun 2018 dan 2019.

“Polri dan TNI telah mengamankan seluruh perhelatan internasional yang diselenggarakan Pemerintah, yaitu Asian Games, Asian Para Games, serta IMF-World Bank Annual Meeting 2018. Polri dan TNI juga telah mengamankan penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2018 dan Pemilu Tahun 2019, sehingga terselenggara dengan aman, damai, dan demokratis,” terang Bupati Lampung Barat.

Disamping itu, seluruh agenda kemasyarakatan juga dapat terselenggara dengan aman, mulai dari perayaan Natal 2018, Tahun Baru 2019, sampai dengan Ramadhan dan Idul Fitri 2019. Selain itu, bersama dengan seluruh pemangku kepentingan, Polri turut terlibat aktif dalam penanggulangan bencana yang terjadi di berbagai wilayah di tanah air.

Selanjutnya dalam pengelolaan organisasi, Polri telah meningkatkan akuntabilitas dan transparansi. Laporan keuangan Polri meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan selama 6 tahun berturut-turut.

“Laporan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, menunjukkan Nilai Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dan Indeks Reformasi Birokrasi Polri mengalami peningkatan, disertai dengan keberhasilan mewujudkan 69 Zona Integritas, yang terdiri dari 64 Satker dengan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan 5 Satker dengan predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Hal ini menempatkan Polri pada urutan kedua Kementerian/Lembaga dengan Zona Integritas terbanyak setelah Kementerian Keuangan,” paparnya.

Selain apresiasi, Presiden RI juga memberikan sejumlah instruksi sebagai pedoman pelaksanaan tugas yakni pertama, terus tingkatkan kualitas sumber daya manusia Polri, guna menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin kompleks, serta untuk mendukung terwujudnya Indonesia Emas 2045.

Kedua,kedepankan strategi pemolisian proaktif dan tindakan humanis dalam mencegah dan menangani berbagai permasalahan sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat.

Ketiga, terus tingkatkan kualitas pelayanan publik yang moderen, mudah, murah, cepat, secara konsisten dan berkelanjutan.

Keempat, tingkatkan profesionalisme dalam penegakan hukum, guna mewujudkan penegakan hukum yang profesional, transparan, dan berkeadilan. Dan, kelima, perkuat koordinasi dan kerja sama denganTNI, Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, serta masyarakat dalammemelihara keamanan dalam negeri.

Dalam kegiatan upacara tersebut Bupati Lampung Barat juga memberikan Hadiah Ibadah Ketanah Suci yakni Umroh kepada Bhabinkamtibmas Purworejo Bripka Agung dan Komandan Upacara Ipda Ucok ke Yarusalem.

Pada kesempatan itu, turut hadir juga Kapolres Lampung Barat AKBP Doni Wahyudi,S.IK. Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal, Dandim 0422 Lampung Barat Letkol Kav. Adri Nurcahyo, Forkopimda Lampung Barat dan Pesisir Barat, tokoh agama, Tokoh Masyarakat, Toko Adat, dan tamu undangan lainya berikut peserta upacara dari TNI, Polri, Sat Pol PP, Dinas Perhubungan, Senkom, Orari, Pramuka Kabupaten Lampung Barat dan Pesisir Barat.

 

 

Reporter : Rendi Setiawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *