Bupati Tobasa minta guru mengajar dengan hati

by -17 views

MITRAPOL.com, Tobasa – Bupati tobasa Ir. Darwin Siagian melantik 40 Kepala SD/SMP dan 3 pengawas Sekolah di Aula SKB Porsea, Selasa (09/07/2019).

Dalam arahkan dihadapan para Kepala Sekolah dan pengawas yang baru dilantik, Bupati meminta untuk mewujudkan anak didik menjadi pintar, cerdas dan kreatif, guru harus mengajar dengan hati.

Loading...

Maksud mendidik dengan hati, yakni mendidik anak dengan kelembutan dan penuh kasih sayang, karena kedua hal ini bersumber dari hati.

“Kalau tidak demikian, ilmu pengetahuan anak didik kita akan biasa-biasa saja dan tidak memiliki daya saing yang mumpuni,” ujar Darwin Siagian.

Selain mengajar dengan hati, guru juga dituntut harus sabar dan telaten,”Cara mengajarnya harus menyenangkan, jangan membuat anak tegang saat belajar, karena hal itu akan membuat anak-anak sulit menerima dan menyerap mata pelajaran yang diterima,” terangnya.

Karena salah satu tujuan mendidik anak disekolah, adalah membuat anak yang tidak tahu menjadi tahu, dan membuat anak yang tidak baik menjadi baik.

“Untuk itu jangan mengajar sekedar menyampaikan materi, tetapi harus mengajar dengan hati. Jiwa mendidik dan mengajar dengan hati itu harus mengalir dalam urat nadi setiap guru supaya anak-anak pintar, cerdas dan mampu bersaing,” tegasnya.

Darwin Siagian juga mengakui dan berharap untuk mewujudkan anak-anak menjadi pintar, cerdas dan kreatif, orangtua juga harus berperan aktif. Karena waktu anak-anak hanya beberapa jam disekolah, selebihnya ditengah-tengah keluarga.

“Intinya, anak bisa belajar dengan baik jika orangtua berperan aktif memberikan didikan, bimbingan dan nasehat yang baik dirumah. Mewujudkan anak menjadi pintar dan cerdas, bukan hanya tugas guru, tetapi orangtua juga harus bertanggung jawab dan berperan aktip,” tegasnya.

Diakhir arahan dan bimbingannya, Bupati meminta Kepala Sekolah yang baru dilantik punya target anak didiknya harus ada masuk ke SMA SMA unggulan seperti SMA DEL dan SMA Yasop.

“Jangan hanya anak didik SMP Swt Budi Dharma, SMP Swt Bonapasogit Sejahtera dan SMP Negeri 4 Balige yang bisa masuk. Anak didik SMP Negeri lainnya juga harus bisa,” kata Bupati sembari menyebutkan dirinya akan memberikan reward bagi Kepala SMP Negeri jika anak didiknya bisa berhasil masuk di kedua SMA unggulan tersebut.

 

 

Reporter  : Abdi. S

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *