Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Boven Digoel siap cari solusi untuk masyarakat

by -21 views
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Boven Digoel Matias Kainoy.

MITRAPOL.com, Boven Digoel – Penerimaan  Peserta Didik Baru (PPDB) pada setiap sekolah diseluruh wilayah Indonesia sudah dimulai. Ada banyak persyaratan yang diminta sekolah-sekolah pada saat pendaftaran baik pada tingkat PAUD/TK, SD, SMP dan SMA/SMK, termasuk juga perguruan tinggi.

Salah satu persaratan adalah biaya pendaftaran dan sudah menjadi masalah yang umum. Terkadang ada beberapa sekolah yang punggutannya mungkin dirasakan terlalu tinggi, dan itu yang menjadi keberatan dari orang tua siswa.

Loading...

Namun untuk sekolah, perlu biaya mulai dari pendaftaran, makan, minum, penginapan, transportasi dan lain – lain. Dan soal pendaftaran harus disiapkan oleh orang tua murid. Dimana mana sebenarnya hal ini adalah tanggung jawab orang tua siswa atau murid.

Namun, status masyarakat ini bermacam-macam, ada Petani, Nelayan, Pegawai rendah, menengah dan tinggi serta ada juga yang  pejabat. Sehingga pendapatan masyarakat pun berbeda-beda. Hingga ada yang siap dan ada juga yang tidak mampu. Biasanya bagi orang tua siswa yang tidak mampu langsung meminta bantuan kepada Bupati.

Selanjutnya, bila kita melihat setiap pejabat, tentu ada perbedaan sifat atau karakter dan  kebijakan. Tapi semua semuanya itu tergantung dari keputusan dan kebijakan Bupati. Kalau untuk Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, didalam DPA, ada bantuan pakaian Pramuka untuk beberapa sekolah saja dan bantuan lain seperti beasiswa afermasi dari pusat dan dari provinsi yang sedang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Bantuan studi untuk mahasiswa biasanya di tangani oleh pemerintah kabupaten dan itupun ada tim yang bertanggung jawab, sesuai SK Bupati. Untuk tingkat SD, SMP, SMA/SMK, menjadi tanggung jawab orang tua murid. Itu yang selama ini sudah disampaikan oleh Bupati yang sekarang.

Mungkin  ada juga orang tua murid yang kurang mampu karena anaknya ada dua, tiga atau lebih, sehingga perlu banyak biaya pendidikan dan merasakan kesulitan dan meminta bantuan. Itu sah-sah saja. Tapi tidak mungkin dibantu semua, karena dari segi kemampuan anggaran, sangat  terbatas.

Melihat situasi ini, alangkah baiknya kalau ada permasalahan soal pendidikan, orang tua murid datanglah ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan minta pendapat dan masukan biar dapat solusi yang baik demi generasi penerus bangsa. Agar dari Dinas Pendidikan dan Kudayaan bisa diplot anggaran untuk membantu orangtua siswa. Sehingga persoalan pendidikan tidak dibebankan pada Bupati. Itu harapan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Boven Digoel.

Demikian pernyataan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab Boven Digoel,  Mathias Kainon, S.Pd.,M.Pd. Rabu (10/07/2019).

 

 

Reporter   : Deddy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *