TMMD ke-105 Kodim 1416/Muna Buton Utara diawali hari ini

by -33 views

MITRAPOL.com, Buton Utara – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 Kodim 1416/Muna di Kabupaten Buton Utara (Butur) Sulawesi Tenggara (Sultra), dimulai. Seremoni pembukaan baru saja digelar khidmat, di lapangan Raja Jin Ereke Kecamatan Kulisusu, Rabu (10/7/2019).

Bupati Butur, Abu Hasan, menuturkan pihaknya sangat menyambut baik kegiatan TMMD ini. Hadirnya program dari TNI tersebut, kata dia, memang sudah sangat dirindukan, baik masyarakat maupun Pemerintah Daerah Butur.

TMMD sendiri, merupakan program lintas sektoral yang dilaksanakan secara terpadu, dalam rangka percepatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Khususnya, bagi desa-desa yang dianggap tertinggal, terpencil dan terisolir.

Dengan hadirnya TMMD ke-105 Kodim 1416/Muna di daerah otoritasnya, Abu Hasan berharap program tersebut dapat mempercepat pembangunan infrastruktur di Butur. Selain itu, juga dapat mempererat hubungan antara TNI dan masyarakat setempat.

“Kemanunggalan TNI dan Masyarakat Buton Utara adalah sebuah keniscayaan,” tutur Abu Hasan saat menyampaikan amanat dalam pelaksanaan upacara, di Lapangan Raja Jin, Rabu (10/7/2019).

Dandim 1416 Muna, Letkol Inf. Febi Triandoko, dalam kesempatannya menyebutkan, sasaran TMMD di Butur kali ini mencakup kegiatan fisik dan non fisik.

Untuk sasaran fisik, kegiatannya meliputi pembangunan masjid ukuran 12×16 meter, rehab jalan lingkungan titian kayu dalam lingkungan desa, serta rehab tambatan perahu. Sedangkan non fisik, meliputi penyuluhan tentang narkoba, HIV AIDS, KB kesehatan, bela negara, paham radikal, terorisme dan bencana alam.

TMMD ke-105 Kodim 1416/Muna ini mengusung tema “Bersama TMMD membangun untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat”. Kegiatannya dipusatkan di Desa Banu Banua Jaya (Bajo) Kecamatan Kulisusu, Butur, dan akan berlangsung selama 30 hari, sejak 10 Juli hingga 8 Agustus 2019.

 

 

Reporter : David Wiridin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *