Perkara narkoba sidang 41 kali, Hakim jatuhkan vonis rehab

by -138 views
Terdakwa norzambri bin zainal

MITRAPOL.com, Medan – Norzambri bin Zainal, terdakwa kasus narkoba yang sudah 40 kali digiring bolak-balik untuk sidang akhirnya di vonis rehab enam bulan oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Medan, Kamis (11/7/2019).

Majelis hakim yang diketuai Tengku Oyong, yang bersidang di Cakra VII, memutuskan agar penuntut umum segera mengeluarkan terdakwa dari rutan untuk menjalani rehabilitasi selama enam bulan.

Dasar pertimbangan hakim, adanya surat yang ditandatangani Program Manager Pusat Perawatan dan Pemulihan Adiksi Yayasan Mitra Masyarakat Sehat (YMMS), Rahmad Undito, tertanggal 28 Maret 2019.

Dari hasil pemeriksaan disebutkan, Norzambri Bin Zainal warga Jalan Tanjong Tukong Lama, Georgetown, Pulau Pinang, Malaysia terindikasi mengkomsumsi narkoba dan disarankan untuk dilakukan rehabilitasi selama enam bulan.

Bambang Hendarso SH

Mendengar putusan majelis hakim, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Jacky Situmorang  dari Kejari Medan, langsung mengatakan banding atas putusan Hakim.

Alasannya, putusan itu jauh lebih ringan dibanding tuntutan jaksa yang menuntut terdakwa selama 3 Tahun dan 6 Bulan Penjara, karena melanggar pasal 127 ayat (1) huruf (a) UU No. 35 tahun 2009 Tentang Narkotika.

Bambang Hendarto SH selaku penasehat hukum terdakwa mengatakan, sangat menghormati putusan hakim yang menjatuhkan vonis rehab.

Dalam pledoi, papar Bambsng, sudah diuraikan perkara ini cacat hukum dan sidangnya molor sebanyak puluhan  kali, persisnya 41 kali,

“Menurut terdakwa dia sudah 41 kali dibawa untuk sidang, tapi hanya mondar mandir tak sidang=sidang,”  ungkap Bambang.

Menurut Bambang, terdakwa metupakan warga negara Malaysia jadi tidak tahu persis hukum di Indonesis.

“Bagi kami putusan cukup memuaskan, meski kami minta putusan bebas,”  kata Bambang.

 

 

Reporter   : Zul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *