Ada indikasi udang dibalik batu, Baliho dan alokasi Dana Desa tidak dipasang

by -165 views

MITRAPOL.com, Pandeglang – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo, mewajibkan setiap desa untuk memampang baliho yang memuat rencana sampai realisasi penggunaan anggaran Dana Desa.

Baliho Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) berisi rincian pendapatan belanja dan pembiayaan desa serta serapannya dengan detail.

Pemasanagan Baliho penting untuk dilakukan agar Kepala Desa tak bermain-main dalam mengelola Anggaran Dana Desa. Bagi yang belum memasang baliho harus ditegur, lantaran itu merupakan satu bentuk pengawasan langsung.

Namun berbeda dengan Desa Sukajadi, Kec.Carita Kabupaten Pandeglang Banten, di kantor Desa tersebut tidak ditemui adanya Baliho tentang Anggaran Desa dan alokasi Dana Desa. Jumat, 12/7/ 2019).

Tidak adanya Baliho tentang DD dan ADD ini diindikasi kurang terbukanya penggunaan Anggaran Dana Desa yang dipergunakan di desa Sukajadi dan menimbulkan adanya dugaan penyalahgunaan penggunaan anggaran.

Dari awal turunnya Dana Desa dan Alokasi Dana Desa dua bulan yang lalu sampai pemberitaan ini ditayangkan, di desa Sukajadi belum terpasang Baliho tentang anggaran tersebut.

Kades Sukajadi Ray Safriudin mengatakan,”Balihonya dipinjam sama pendamping,” ujarnya santai, saat dipertanyakan masalah Baliho tersebut. Senin, (08/7/2019)

Sementara di desa lainnya yang ada di wilayah kecamatan Carita baliho petunjuk informasi tentang Dana Desa sudah terpasang.

 

 

Tim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *