Inspektorat akan serahkan hasil audit investigasi Desa Palo ke Polisi

by -73 views

MITRAPOL.com, Maluku Utara – Belum lama ini, Desa Palo Kecamatan Patani Timur, Kabupaten Halmahera Tengah, Provinsi Maluku Utara telah diaudit oleh tim Inspektorat.

Desa Palo diaudit lantaran diduga ada indikasi penyimpangan dalam mengelola anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) pada tahun 2016, 2017 dan 2018.

Alhasil, Inspektorat sendiri telah mendapatkan beberapa temuan dan akan segera diserahkan ke pihak Kepolisian dalam waktu dekat.

“Pallo tim sudah selesai (Audit-red), hasilnya nanti akan disampaikan ke Polres, kalau proses lapornnya sudah selesai,” singkat Kepala Inspektorat Halteng, Abdullah Yusuf, Jum’at (12/7/2019).

Sementara Kepala Satua Reserse dan Kriminal (Kasat Reskrim) Polres Halteng, IPTU A Effan Sulaiman saat dikonfirmasi mengatakan, saat ini pihaknya tinggal menunggu hasil audit tersebut.

“Kami dengar inspektorat sudah melakukan audit di Desa Palo. Selanjutnya kami tinggal menunggu hasilnya, kemudian akan digelar,” kata Effan.

“Dari hasil gelar itulah baru bisa ditetapkan sebagai tersangka,” sambungnya.

Untuk diketahui, yang menyebabkan Desa Palo menyadi sorotan hukum adalah akibat dari ulah Bunyamin H. Kamari alias Memet.

Memet adalah mantan Kades Palo, dirinya diduga telah menggelapkan dana ADD dan DD pada masa jabatannya ratusan juta rupiah untuk berhura-hura.

Saat itu Memet sempat membeli satu unit Mobil Truk, dua Unit Avanza, dan sebuah motor Harley.

Dibalik proses ini, Ibrahim Sarif selalu bendahara Desa Palo juga diduga terlibat. Hal itu terungkap dari bibir Memet sendiri.

“Jika saya masuk, maka Bendahara sy juga akan ikut,” akunya kepada beberapa masyarakat Palo.

 

 

Reporter   : Sahwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *