Jalan penghubung hasil TMMD ke-105, Kodim 0212 /TS mulai dinikmati masyarakat

by -36 views

MITRAPOL.com, Padang Lawas – Jalan penghubung Desa Hutaraja Lamo dan desa Mondang, Kecamatan Sosa, sudah mulai bisa dinikmati oleh masyarakat setempat. Meskipun jalan tersebut, masih belum selesai seratus persen.

Pembukaan jalan penghubung antara dua Desa itu dibangun melalui program TMMD ke-105 tahun 2019, kejasama antara Kodim 0212 Tapsel dengan Pemkab Palas, dibuka langsung oleh Bupati Palas H. Ali Sutan Harahap. Rabu (10/7).

“Saat ini, sebagian jalan itu sudah bisa kami lalui. Mantaplah pokoknya,” kata H. Agussalim Hasibuan salah seorang tokoh masyarakat Desa Hutaraja Lamo, kepada Mitrapol, di lokasi pembangunan jalan ini, Sabtu (13/7).

Sebelumnya, dia menyebutkan, sangat mendukung program pembangunan jalan dari Makodim Tapsel bersama Pemkab Palas tersebut.

Dia juga mengucapkan terimakasih kepada pihak Makodim 0212/TS dan Pemkab Palas atas pemilihan lokasi kegiatan TMMD Tahun Anggaran (TA) 2019 ini, di Desanya itu dan Desa tetangganya (Mondang). Sebab menurutnya, dengan adanya progran TMMD di Desanya itu, masyarakat sangat terbantu. Bahkan hasil dari kegiatan itu, khususnya pembukaan jalan tersebut, dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat di dua Desa itu.

“Jalan ini kan, sebagaian besar berada ditengah-tengah lokasi perkebunan masyarakat. Untuk itu, sangat bepengaruh pada pertumbuhan ekonomi kami. Dengan contoh, dulunya harus mengeluarkan biaya melangsir hasil panen yang cukup tergolong mahal, akibat asset jalan belum terbuka. Sekarang biaya itu berkurang. Dan lokasi pekebunan kami pun, baik kelapa sawit dan karet, makin strategis,” singkatnya.

Pantauan Mitrapol, Hal tersebut diatas tidak hanya pada kelompok masyarakat dewasa yang menikmati, kalangan anak-anakpun demikian halnya. Para anak-anak merasa senang dan asyik bermain di areal pembangunan TMMD itu, mereka begitu dekat dan akrapnya dengan para personil TNI Tapsel itu.

Ditempat yang sama llham Hasibuan menyampaikan, “Saya suka melintas dan bermain disini (Jalan pembanngunan TMMD), karena jalannya sudah bagus setelah dibangun oleh Bapak Tentara.”

Ilham yang bercita-cita menjadi tentara ini, juga menyampaikan bahwa dulu sebelum dibangun Tentara jalan itu berupa jalan tanah kalau hujan becek.

“Saya dan teman-teman sering jatuh saat melalui jalan ini, apalagi pada musim hujan tanah berlumpur dan becek. Namun setelah dibangun oleh Pak Tentara, kini jalannya sudah bagus. Terima kasih Pak Tentara,” Dengan mengangkat tangan kanannya untuk menghormat.

 

 

Reporter : MS. Hasibuan

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *