Tim Gabungan BBKSDA, TNI – POLRI lakukan pencarian Harimau liar di Desa Huta Bargot

by -114 views

MITRAPOL.com, Padang Lawas – Tim gabungan personel Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumut, TNI dari Koramil 07 Sosopan dan POLRI dari Polsek Sosopan, melakukan penyisiran dan pencarian terhadap harimau liar, disekitar lahan perkebunan masyarakat Desa Huta Bargot, Kecamatan Sosopan, Jumat (12/7).

Pencarian dan penyisiran Harimau liar itu dilakukan, terkait adanya kejadian pemangsaan terhadap satu ekor monyet peliharaan milik warga Desa Huta Bargot atas nama Ruslim yang dilakukan oleh harimau liar, sekitar jam 23 : 00 WIB, di hari Rabu (10/7) kemarin.

Kepala Seksi wilayah VI, BBKSDA Sumut Dermawan, mengatakan, “Pencarian dan penyisiran ini kita lakukan, untuk menindak lanjuti atas kejadian pemangsaan terhadap monyet peliharaan warga, yang di lakukan oleh harimau liar, pada Rabu malam kemarin, di Desa Huta Bargot ini”.

Dermawan juga menyebutkan, selain dari pada penyisiran dan pencarian, pihaknya juga memasang perangkap dan CCTV dibeberapa titik dilahan perkebunan masyarakat dan di dalam hutan desa itu, untuk menangkap serta memantau keberadaan harimau itu.

Dermawan mengungkapkan, pada saat penyisiran, pihaknya telah menemukan jejak kaki harimau liar itu, di sekitar lokasi lahan perkebunan milik warga.

Dernawan menghimbau kepada masyarakat Desa dan sekitarnya, agar supaya tetap berhati-hati dalam melakukan aktifitas dan jangan sendiri-sendiri untuk kelahan masing-masing.

“Kepada masyarakat Desa Huta Bargot dan sekitar agar supaya tetap tenang dan tetap waspada. Bagi yang melakukan aktifitas masing-masing, jangan sendiri-sendiri, pulanglah sebelum gelap atau sebelum pukul 17.00 WIB dari lahan perkebunan masing-masing. Harimau liar melakukan aktifitas biasanya pada saat gelap atau pada malam hari,” himbaunya.

Danramil 07 Sosopan Kapten Inf. Syafaruddin Hasibuan. Berpesan,”Jangan memuat spekulasi atau pernyataan yang tidak jelas sumbernya, jangan menyebar informasi hoax tentang keberadaan harimau. Nanti akan mempersulit untuk mencari keberadaan harimau itu, juga dapat memperkeruh suasana di tengah-tengah masyarakat itu sendiri.

“Tetap tenang dan tetap waspada. Beri kami informasi yang pasti, Kita harus saling kerja sama, saling membantu untuk mengatasi keresahan masyarakat.” Pesan Danramil kepada warga desa itu dan sekitar.

 

 

Reporter : MS. Hasibuan

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *