Disparbud Tobasa Gelar Workshop bagi pemandu wisata

by -20 views

MITRAPOL.com, Tobasa – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Toba Samosir menggelar workshop Story Telling bagi puluhan pemandu wisata yang ada di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) mulai tanggal 17 s/d 19 Juli 2019. Bertempat di hotel Serenauli kecamatan laguboti, Rabu (17/07/2019).

Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Tobasamosir Drs. Audi Murphy O Sitorus SH.,M.Si, mengatakan tujuan kegiatan adalah pembekalan dan peningkatan Sumber Daya Manusia bagi pelaku pariwisata dalam menyongsong kunjungan wisatawan ke daerah itu. Melalui kegiatan tersebut diharapkan keseriusan para peserta dapat direalisasikan dalam menjalankan profesi kepemanduan.

“Bagaimana kita berbicara dan menceritakan sesuatu yang biasa biasa saja menjadi luar biasa dan menarik perhatian. Tanpa keseriusan, Danau Toba akan seperti seperti ini saja,” ujarnya.

Usau membuka secara resmi, pemaparan materi diawali oleh nara sumber, St Sabaruddin Tambunan AMd, selaku Ketua DPC HPI Kabupaten Tobasa.

Dikatakan sabaruddin, Perhatian pemerintah terhadap pariwisata cukup bagus, dengan barometer kebijakan anggaran untuk pelaksanaan berbagai kegiatan pariwisata.

“Jadi kalau momen ini tidak kita manfaatkan, kita sendiri yang rugi. Masih banyak program kita ke depan,” terangnya seraya menyarankan agar pemerintah melalui dinas pariwisata untuk membuat Peraturan Daerah (Perda) pariwisata di Kabupaten Toba Samosir.

Pada kegiatan tersebut, panitia juga menghadirkan beberapa nara sumber lainnya seperti Lorisma Siringo Ringo dari Akademisi Politeknik Pariwisata Medan dan Patrick Lumban Raja dari HPI.

Pada kesempatan itu, Lorisma Siringo Ringo memaparkan secara gamblang materi Story Telling yang dimulai dari pengertian, tujuan, kelebihan dan kelemahan metode serta hal hal penting lainnya saat melaksanakan Story Telling.

“Story Telling adalah sebuah teknik atau kemampuan untuk menceritakan sebuah kisah, pengaturan adegan, event dan juga dialog sehingga menciptakan suasana senang dan memberi kegembiraan, kenikmatan mengembangkan imajinasi pendengar,” sebutnya.

Peserta yang didominasi oleh anggota Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Tobasa mengikuti kegiatan secara teori selama 2 hari dan selanjutnya pada hari terakhir Jumat (19/7) akan melaksanakan praktek lapangan dengan mengunjungi beberapa lokasi wisata yang ada di Kabupaten Toba Samosir, diantaranya, Bukit Singgolom, Makam SM Raja XII, Makam Misionaris Pdt. DR IL Nommensen, Siregar Aek Nalas dan Taman Eden.

 

 

Reporter : Abdi. S

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *