Mahasiswa Pekanbaru asal Humbahas peringati Hari Pancasila dengan diskusi bersama DPD KNPI

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Humbahas – Hari lahirnya pancasila merupakan suatu momentum bersama untuk diperingati. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk memperingati hari Pancasila tersebut. Instansi pemerintahan melakukan upacara, aktivis melakukan aksi/demonstrasi dan juga beberapa kalangan lainnya melakukan dialog kebangsaan atau diskusi tentang Pancasila.

Senada dengan hal itu, mahasiswa Pekanbaru asal Humbahas yang menamakan diri mereka dengan HIMAHATA Pekanbaru (Himpunan Mahasiswa Humbang Hasundutan Pekanbaru) mengadakan diskusi bersama DPD KNPI Humbang pada tanggal 2 Juni 2019. Hal ini menurut mereka suatu moment bersama untuk saling berbagi wawasan dan pemikiran akan pentingnya Pancasila terhadap generasi muda.

Ketua Himahata Pekanbaru, Rekdon Pandiangan menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan perdana kita di Humbang Hasundutan, kegiatan ini sebagai awal yang baik untuk memupuk rasa cinta kita kepada Pancasila sebagai ideologi NKRI, dan kita lebih memahami nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.
Pada kegiatan ini kami mendapat banyak pandangan dan pemikiran baru tentang bagaimana cara kita sebagai generasi muda dalam mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila itu, baik dalam keluarga, lingkungan masyarakat, dan juga dalam berbangsa dan bernegara.

Ditambahkan juga oleh Ganda sihite, sebagai Dewan Penasehat Himahata Pekanbaru tersebut, bahwa kegiatan ini adalah momentum yang pas untuk merefleksikan kembali bagaimana pancasila hadir ditengah-tengah masyarakat terutama masyarakat humbahas, dalam hal ini juga Generasi muda Humbahas yang kelak sebagai agen perubahan dalam pembangunan daerah.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa saat ini Pancasila pada kalangan muda semakin memudar. Dari sedikit banyaknya pemuda dan mahasiswa, hanya tau ke 5 sila itu, namun dalam pemahaman aktualisasi nilai dalam ke-5 sila tersebut tak banyak atau masih kurang. Apalagi kalau kita lihat ini adalah perjalanan era revolusi industri 4.0 dan sebagian kata mereka juga adalah era milenial. Kalau kita khusunya mahasiswa dan pemuda sebagai kaum milenial tidak mempedomani nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila ini, bisa jadi kita akan tergerus oleh era tersebut. Karena kita tidak mempunyai penuntun dalam menghadapi setiap tantangan yang ada. Jadi pancasila lah sebagai ideologi dan penuntun kita dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, sebagaimana para the founding fathers kita terdahulu merumuskan ideologi tersebut. Dan juga Pancasila yang kita miliki adalah ideologi yang berbeda dengan ideologi lainnya, pungkas Ganda Sihite.

Diketahui bahwa Himahas Pekanbau, merupakan organisasi mahasiswa kedaerahan yang menghimpun mahasiswa-mahasiswi asal Humbahas yang sedang melaksanakan study di Pekanbaru. Mahasiswa yang tergabung didalamnya berasal dari berbagai kampus yang ada di pekanbaru seperti UNRI, UIR, UNILAK dan beberapa Sekolah Tinggi lainnya yang ada dipekanbaru.

Adapun dalam diskusi tersebut menghadirkan DPD KNPI Humbang Hasundutan, sebagai mana kata Rekdon Pandiangan, adalah bentuk komitmen pemuda khususnya pemuda humbang Hasundutan untuk memberikan semangat, pandangan dan motivasi terhadap generasi muda, khususnya dalam hal ini Himahata Pekanbaru. Hal yang sama juga dikatakan oleh Ketua DPD KNPI Humbang Haundutan Marusaha Lumban Toruan, bahwa kita sebagai pemuda dari Humbanghasundutan khususnya KNPI Humbang Hasundutan akan mendukung setiap langkah dan tindakan yang dilakukan oleh mahasiswa-mahasiswi humbang Hasundutan untuk kemajuan daerah. Terutama himpunan ini masih baru dan masih awal bergerak atas nama daerah. Namun, perlu diketahui adek-adek semua, hal yang perlu ditekankan ketika mahasiswa disamping kuliah adalah dengan berorganisasi. Organisasi apapun itu, karena melalui organisasi kalian akan banyak dapat manfaat. Termasuk jaringan dan pola pemikiran yang luas, tutur Marusaha Lumbantoruan.

Lalu berbicara terkait Pancasila, hal itu kita harus berpandangan kepada sejarah, bagaimana dulu para pendiri Negara memberikan bangsa indonesia suatu ideologi, suatau dasar untuk berbangsa dan bernegara, itulah pancasila. Banyak tantangan yang harus kita lalui jika menjadikan pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan kita. Dan pancasila itu juga sudah ada dalam diri kita, dalam himpunan ini juga sudah ada, baik dari sila 1-5, sekarang bagaimana kita mengaplikasikan nya ke dalam kehidupan sehari-hari, terutama untuk mahasiswa Humbang Hasundutan yang ada di pekanbaru, tak mudah untuk mengaplikasikan itu, pungkas Marusaha. Selain memberikan pandangan terhadap akan pentingnya nilai-nilai pancasila dalam generasi muda, juga disampaikan akan pentingnya berorganisasi. Sebagaimana dijelaskan oleh salah satu pengurus KNPI yang hadir yaitu Edward sianturi, bahwa berorganisasi adalah hal terpenting bagi mahasiswa, karena melalui organisasi inilah kita ditempa menjadi seorang baik dalam pemikiran dan mental. Saya sering katakan pada setiap mahasiswa bahwa berorganisasi banyak sekali memberikan manfaat, tidak hanya teori seperti yang dikampus, namun juga praktik yang lebih besar. Makanya kawan-kawan disini mahasiswa pekanbaru, masukilah organisasi dan juga jadikan Pancasila itu sebagai pedoman dalam berorganisasi, tambah Edward Sianturi.

Diskusi yang berlangsung itu dihadiri oleh anggota Himahata Pekanbaru itu sendiri dan juga DPD KNPI Humbang Hasundutan, yang berlangsung di Geosite Sipinsur. Disamping itu beberapa pengurus KNPI Humbahas hadir juga memberikan wejangan dan pandangan terkait kondisi Humbang Hasundutan yang saat ini sedang dalam kondisi tidak baik-baik saja.

Hal itu disampaikan karena melihat perkembangan dan pembangunan yang tidak nampak dan belum dirasakan dampak nya oleh masyarakat secara keseluruhan, sehingga dalam hal ini mahasiswa dan pemuda harus bersatu padu memberikan kritik dan solusi terhadap perkembangan dan pembangunan Humbang Hasundutan yang lebih baik lagi. Harapan nya kedepan Himahata Pekanbaru bisa memberikan sumbangsih yang besar terhadap pembangunan daerah berkelanjutan. Sebagaimana juga DPD KNPI Humbahas mendukung penuh akan program-program Himahata yang bersinggungan dengan pembangunan Humbahas.

 

 

Reporter : FP

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *