F-PA DPRA Minta Distanbun cabut aduan geuchik munirwan

by -26 views
Ketua Fraksi Parta Aceh Iskandar Usman Al-Farlaky

MITRAPOL.com, Banda Aceh—Ketua Fraksi Partai Aceh di DPRA, Iskandar Usman Al-Farlaky, meminta Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh (Distanbun) untuk segera mencabut aduan terhadap Geuchik Munirwan terkait benih padi IF8 yang dilapor ke Polda karena tidak bersertifikat.”Langkah tersebut sangat keliru, bahkan membunuh kreatifitas anak bangsa. Kenapa harus dipolisikan, jika masih ada langkah pembinaan,” ungkapnya.

Pendapat itu disampaikan Ketua Fraksi PA Iskandar Usman Al-Farlaky, Kamis (25/7), menanggapi kasus pelaporan Geuchik Meunasah Rayeuk, Kecamatan Nisam, Kabupaten Aceh Utara tersebut. Dikatakan Al-Farlaky, langkah dilaporkan geuchik tersebut oleh Distanbun meski dengan alasan perintah dari Kementerian di Jakarta tidak tepat sama sekali. Namun, terang dia, yang harus dilakukan adalah langkah pembinaan, supaya benih hasil rekayasa itu bisa didaftarkan.

“Dinas lah yang harus melakukan pembinaan, meng-asistensi kelompok tani, agar bagaimana memenuhi adminitrasi pendaftaran benih, merek, atau memberi penyuluhan kepada masyarakat atau kelompok tani, jangan membunuh hasil karya mereka. Ini patut diduga ada niat jahat yang seharusnya tidak terjadi,” ujar Iskandar.

Politisi muda di DPRA ini menambahkan, langkah kedepan yang harus dilakukan oleh Kadis Distanbun Aceh adalah dengan mencabut aduan terhadap Geuchik Munirwan serta kemudian membantu proses labelisasi atau sertifikasi benih hasil rekayasa IF8 tersebut.

“Pemerintah harus hadir sebagai pembina masyarakat dan kelompok tani, bukan menjadi penghambat inovasi warga,”jelas dia.

Selain itu, Iskandar Al-Farlaky mengatakan kepada Mitrapol.com, bahwa kita bercermin dari kasus Muhammad Kusrin, warga Sukasari, Gondangrejo, Karanganyar, Jawa Tengah, yang dipenjara karena televisi rakitannya, kemudian dia dibebaskan serta diberi sertifikat SNI untuk merk televisi rakitannya oleh Kementerian Hukum dan HAM.

“Kasus Kusrin ini harus menjadi pelajaran berharga bagi kita dalam hal inovasi untuk anak negeri yang kreatif. Konon lagi bisa membuka lapangan kerja,” demikian Iskandar Al-Farlaky.

 

 

Reporter : Bukhari

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *