Bupati Nias Barat sampaikan paradigma filosofis makna hari jadi kabupaten Nias Selatan

Bupati Nias Barat Fafuhusi Daely, S.Pd

MITRAPOL.com, Nias Selatan – Perayaan hari jadi kabupaten Nias Selatan yang ke-16 tahun 2019, dihadiri oleh Bupati Nias Barat Fafuhusi Daely, S.Pd yang juga selaku ketua Forum Kepala Daerah (FORKADA) sekepulauan Nias. Acara dilaksanakan di alun-alun ibukota kabupaten Nias selatan yaitu di lapangan Orurusa kecamatan Teluk Dalam, Senin (29/7).

Dalam sambutannya Faduhusi Daely menyampaikan paradigma filosofis makna peringatan hari jadi. Menurutnya pertama sekali adalah Retrospektif yakni melihat masa lalu sebagai mata rantai sejarah merupakan fondasi. “Retrospektif yaitu dengan sebuah hari jadi kita berupaya untuk melihat masa lalu sebagai sebuah mata rantai sejarah dan sebuah masa lalu itu adalah fondasi yang sangat bernilai sebagai referensi, menapaki masa kini dan masa depan,” ujarnya.

Selanjutnya, orang nomor satu di kabupaten Nias Barat ini menyebutkan bahwa nilai filosofis yang kedua tentang makna sebuah hari jadi adalah Introspektif yaitu mawas diri sehingga mampu menjawab persoalan dan responsif terhadap tantangan. “Introspektif artinya peringatan hari jadi kita jadikan sebagai sarana mawas diri ataau introspeksi diri; dengan demikian setiap langkah perjalanan kehidupan ini selalu bermakna karena mampu memberikan jawaban atas persoalan kekinian serta responsif dengan tantangan kedepan,” tandasnya.

Paradigma filosofis yang terakhir dalam memaknai sebuah hari jadi menurut tokoh fenomenal ini yaitu Prospektif. Ia menggambarkan upaya mendesain sebuah formula masa depan berlandaskan realita dan dinamika kekinian. “Prospektif artinya melalui perayaan hari jadi kita berupaya mendesain atau merancang sebuah formula masa depan berlandaskan realita dan dinamika kekinian tanpa melupakan nilai-nilai dan peristiwa bersejarah dimasa lalu”, .ungkapnya sambil mengingatkan hadirin bahwa dlam tahun ini ada dua kegiatan besar yang akan berlangsung di kepulauan Nias yaitu Sail Nias yang akan dilaksanakan di kabupaten Nias Selatan dan Ya’ahowu Nias Festifal (YNF) akan dilaksanakan di kabupaten Nias Barat.

Mengakhiri sambutannya Faduhusi Daely menghimbau kepada seluruh komponen masyarakat agar terus meningkatkan semangat kebersamaan, saling mengingatkan, memberikan kontribusi yang positif sehingga dapat menunjukkan jati diri sebagai pejuang-pejuang kabupaten Nias Selatan.

Hadir dalam acara itu tokoh-tokoh pemekaran kabupaten Nias Selatan, unsur Forum Komunikasi Pimpunan Daerah (Forkopimda) kabupaten Nias Selatan dan unsur Forkada sekepulauan Nias, Sekretaris Daerah kabupaten Nias Selatan dan para petinggi setiap OPD, camat, kepala desa lingkup pemkab Nias Selatan, lara pejabat sipil, TNI dan POLRI, Pimpinan Parpol dan pimpinan Ormas, pemuka agama, tokoh adat, tokoh pemuda dan para undangan dari berbagai elemen. Lsm dan Pers.

Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, SH.,MH, bertindak selaku Inspektur upacara. Acara tersebut berlangsung sukses penuh kemeriahan dengan berbagai atraksi seni yang dibawakan siswa/siswi di kabupaten yang terkenal kaya dengan wisata bahari dan wisata budayanya itu.

 

 

Reporter : Emanuel B

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.