Diduga Korupsi Dana Monev Kepala Bappeda Mimika serta dua staffnya ditahan Polres Mimika

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Timika – Kepolisian Resort (Polres) Mimika, Papua melalui penyidik Unit Tipikor, Satreskrim tengah menahan sedikitnya tiga Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Mimika terkait kasus dugaan tindak pidana korupsi, yakni dana monitoring dan evaluasi (Monev) Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Mimika, Papua, Tahun Anggaran (TA) 2017.

Ketiga orang yang ditahan adalah Kepala Bappeda Mimika, Simon Mote, beserta dua staffnya yaitu, penjabat pembuat komitmen/PPK Monev, dan juga Bendahara Bappeda.

Kapolres Mimika AKBP. Agung Marlianto, S.ik, MH kepada awak media di Graha Emeneme Yaware, (01/08) Membenarkan,”Iya, sudah lebih dari seminggu (ditahan) di Rutan Polres Mimika, Mile 32, Kuala Kencana, satu tersangka baru ditahan sementara dua lainya sudah duluan masuk,” Kata Kapolres Agung.

Polres Mimika sebelumnya telah menyurat ke Bupati Mimika, Eltinus Omaleng terkait ijin penahanan Kepala Bappeda Mimika, hal ini karena yang bersangkutan selalu bepergian ke luar daerah dan dianggap tidak kooperatif selama proses penyidikan kasus ini.

Untuk diketahui, kegiatan monitoring dan evaluasi proyek fisik dan non-fisik di Bappeda Mimika tahun anggaran 2017 menelan anggaran sekitar Rp2 miliar.

Penggerak kegiatan saat itu dianggap telah membuat laporan dan bukti fiktif bahwa kegiatan monitoring dan evaluasi telah dilakukan 100 persen dengan melibatkan hampir seluruh staf Bappeda Mimika.

Sebagai informasi, kegiatan monev sedianya digelar di 18 distrik yang ada, namun dalam realisasinya hanya digelar di satu distrik yakni Distrik Mimika Baru.

“Maaf, untuk teknisnya, nanti setelah kasus ini dinyatakan P21 dan diserahkan ke Kejaksaan, saya (Kapolres) janji akan kami rilis,” ujar Marlianto.

Atas dugaan tindak pidana korupsi tersebut, negara mengalami kerugian mencapai lebih dari Rp1 miliar.

 

 

Reporter : AQM

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *