E-UKS diluncurkan bagi siswa kecamatan penjaringan

by -38 views

MITRAPOL.com, Jakarta – Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara tengah menggarap aplikasi berbasis website bernama E-UKS (Unit Kesehatan Sekolah). Hal tersebut merupakan inovasi dalam menghadirkan data kesehatan siswa se-kecamatan Penjaringan dalam menyukseskan Lomba Sekolah Sehat tingkat nasional.

Camat Penjaringan, Muhammad Andri mengatakan aplikasi tersebut berisi data kesehatan puluhan ribu siswa mulai dari tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Serta mengkategorikan tingkatan Sekolah Sehat di puluhan sekolah se-Kecamatan Penjaringan.

“Jadi perkembangan kesehatan siswa semuanya ada di aplikasi tersebut. Termasuk kategori standarisasi sekolah sehat se-Kecamatan Penjaringan,” kata Andri, saat ditemui di SDN Kapuk Muara 03, Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (31/7).

Saat ini, dijelaskannya aplikasi belum go publish lantaran masih dalam proses penghimpunan (screaning) data kesehatan siswa di 56 sekolah, baik negeri maupun swasta. Data yang ditampilkan secara periodik dalam enam bulan sekali diperbarui agar dapat terus memantau perkembangan kesehatan siswa.

Grafik kesehatan siswa yang ditampilkan dalam aplikasi tersebut dihimpun dari tinggi dan berat badan hingga penyakit yang diidap siswa antara lain Tuberculosis (TBS), obesitas, asma diabetes, jantung, kanker, dan anemia. Terdapat pula berbagai tips kesehatan agar dapat diterapkan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

“Data ini terus di update setiap enam bulan sekali sesuai dengan perkembangan kesehatan siswa,” jelasnya.

Melaui aplikasi ini, diharapkannya perkembangan kesehatan siswa dapat terus terpantau. Menjadi kajian bahan evaluasi bagi orang tua hingga petugas kesehatan dalam mewujudkan generasi penerus bangsa yang sehat.

“Kita ketahui kesehatan itu yang utama. Apalagi bagi siswa yang ke depannya akan menjadi penerus bangsa,” tutupnya.

Diketahui, dua sekolah di Kecamatan Penjaringan, yakni SDN Kapuk Muara 03 dan TK Budha Tzu Chi masuk dalam nominasi Lomba Sekolah Sehat tingkat nasional. Kedua sekolah yang sudah mengantongi juara Lomba Sekolah Sehat tingkat kota dan provinsi ini dianggap telah mampu menghadirkan dan menerapkan lingkungan sekolah yang bersih dan sehat.

 

 

Reporter : Shemy

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *