Peringatan Hari Ulang Tahun Humbang Hasundutan diadakan di lapangan kantor Camat Pollung

  • Whatsapp
Tokoh Masyarakat Humbahas dan para pemerkarsa HUT Kab. Humbahas berfoto bersama Menkum Ham Yasona Laoli

MITRAPOL.com, Humbang – Tanggal 29 Juli 2019 adalah hari jadi Kabupaten Humbang Hasundutan yang ke-16. Guna memperingati dan merayakan hari ulang tahun tersebut, Pemerintah bersama DPRD Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) lebih duhulu menggelar sidang paripurna istimewa yang dihadiri Uspida plus.

Selanjutnya berangkat beriringan menuju lokasi tempat upacara perayaan HUT Humbahas yang sudah dipadati ribuan masyarakat yang hadir dari sepuluh Kecamatan.

Bila tahun lalu, HUT Humbahas Ke-15 dipusatkan di Kecamatan Parlilitan tepatnya Desa sionom hudonpersis di lokasi Makam Raja Sisinga mangaraja ke XII, kali ini pemerintah kabupaten Hubasan memilih kecamatan Pollung, sebagai pusat perayaan HUT Humbahas Ke-16.

Perayaan peringatan HUT Humbahas ke-16 ini mengambil ttema “Bersama Kita Tingkatkan Persatuan Dan Kesatuan Untuk Mewujudkan Humbang Hasundutan Yang Hebat” dihadiri oleh tokoh Nasional, yakni Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly.

Yosana Laoli saat diulosi para Tokoh Masyarakat Pollung pada saat acara HUT Humbahas.

Sebagai rangkaian HUT Humbang Hasundutan (Humbahas) Pemkab menyelenggarakan berbagai perlombaan antaralain, Workshop Genposthing (Promosi Patiwisata Melalui Media Sosial), Ekspedisi Arung Jeram di Bakti Raja yang diikuti dari berbagai Daerah antara lain, Tobasa, Langkat, Serdang Bedagai, Tebing tinggi, Pematang Siantar, Asita Sumut, HPI Sumut, dan para pelaku Pariwisata lain nya.

Untuk meningkatkan Promosi Kepariwisataan di Humbahas Pemkab juga menggelar Humbahas Got Talent di tingkat SLTA se – Humbahas, yang bertempat di Tanah Lapang Merdaka Doloksanggul diikuti 10 Kecamatan se Hunbahas.

Juga diadakan Festival Marsitumba yang diikuti 1000 orang siswa SD dari 10 Kecamatan se-Humbahas, juga lomba Bola Voly Putra, Lomba Marjalengkat, Lomba Margala antar Kecamatan, Tarik Tambang oleh Putra Putri antar ODP.

Pemkab juga menyelenggarakan Humbahas Expo yg diikuti oleh 27 UMKM, BANK SUMUT, Polres Humbahas, yang dilaksanakan mulai dari tgl. 21 – 24 Juli 2019 bertempat di Doloksanggul.
Kemudian juga dilakukan Donor Darah dan Deteksi dini Faktor Resiko Kesehatan yang bertempat di Lapangan Kompleks Perkantoran Bukit Inspirasi Doloksanggul. Juga tidak ketinggalan Lomba Paduan Suara oleh kaum Lanjut Usia ( lansia ) antar Kecamatan bertempat di Aula Hutamas, dan di lengkapi dengan Penaburan Benih ikan di Perairan Dabau Toba Kecamatan Bakti Raja.

Menkumham Yasona Laoli dalam kata sambutan yang disampaikan dengan Bahasa Batak, bahwa beliau menghimbau kepada seluruh masyarakat se Kawasan Danau Toba untuk menjaga kebersihan Danau Toba dan keramah tamahannya untuk menggaet simpatik para pengunjung, baik dari manca negara maupun lokal, kalau kita tidak memelihara sopan santun dan ramah tamahan, pengunjung tidak akan ada yang mau datang, ujarnya.

Pada kesempatan itu atas nama masyarakat Humbahas, Pemerinta Daerah, beserta Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat (LADN), panitia Pemerkarsa Kab. Humbahas, bersama sama memberikan Cendra Mata berupa Ulos sebagai lambang kehangatan persaudaran masyarakat Humbang Hasundutan.

 

 

Reporter : FP

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *