100 siswa dari Malaysia lanjutkan pendidikan ke Nunukan

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Nunukan – Kementerian Pendidikan mengirim sebanyak 100 siswa lulusan SMP yang akan melanjutkan pendidikan ke tingkat SMA dan SMK di Kabupaten Nunukan. Setelah lulus SMP mereka diberikan pengarahan tentang jurusan yang diminati sesuai kemampuannya.

Dalam Tahun 2019 lulusan SMP yang dibina oleh Kementerian Pendidikan yang ada di Sabah dan Serawak Malaysia berjumlah 150 siswa.

Siswa dari Malaysia yang masuk ke Indonesia melalui Pelabuhan Nunukan berjumlah 100 orang, mereka diantar oleh Ketua Sabah Brich Aksar didampingi kordinator pendidik dari Serawak Luki dan rekan rekan Guru dari Sabah Brich.

 

Ketua Sabah Brich Aksar menjelaskan, Program kami adalah memulangkan anak anak Indonesia dari TKI yang ada di Sabah Malaysia untuk kembali Imelanjutkan pendidikan di negaranya.

Khusus tahun ini sebanyak 100 anak telah kita pulangkan ke Kalimantan Utara dengan terbagi jadi 3 sekolah yaitu SMA Katolik Santo Gabriel di Nunukan sebanyak 20 orang, terdiri dari 6 wanita dan 14 pria, kemudian di SMKN 1 Sebatik Barat sebanyak 58 siswa, terdiri dari 32 wanita dan 26 pria, dan di SMK Mutiara Bangsa sebanyak 22 siswa, terdiri dari 10 wanita dan 12 orang pria.

Wartawan Mitrapol Yusuf P saat mewawancarai Ketua Sabah Brich, Anshar

Jadi jumlah keseluruhan dari 3 sekolah itu adalah 100 anak. Kemudian untuk daerah Jawa sebanyak 389 anak yang sekarang ini masuh complek perkebunan (camp) untuk melakukan membekalan di kota Kinabalu dan kemudian akan diberangkatkan pada tanggal 1 Agustus 2019.

Kami juga tidak melakukan pendataan berapa untuk SMA berapa untuk SMK yang jelas total untuk tahun ini secara keseluruhan jumlah peserta penerima bea siswa itu sebanyak 589 anak termasuk di Johor Baru ada 3 orang kemudian di Serawak ada 12 orang anak, itu semua akan bersekolah melalui jalur Bea Siswa, pungkas Aksar Ketua Sabah Brich.

 

 

Reporter : Yusuf P

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *