SMAN 1 Metro Lampung gelar kegiatan PTA TP 2019/2020

  • Whatsapp
Peserta PTA SMAN 1 Metro Lampung TP.2019/2020

MITRAPOL.com, Metro Lampung – SMAN 1 Metro Lampung melaksanakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler wajib PTA (Perkemahan Tamu Ambalan) bagi siswa baru sesuai dengan hasil PPDB. Kegiatan yang diikuti oleh 420 siswa berlangsung mulai tanggal 02 s/d 04 Agustus 2019 di halaman GSG SMAN 1 Metro Lampung.

Purwaningsih,S.Pd.,M.Pd Kepala SMAN 1 Metro menyampaikan bahwa, kegiatan PTA tersebut adalah salah satu ekstrakurikuler wajib di sekolahnya,

“Saya ucapkan terima kasih kepada anak-anakku yang telah mengikuti kegiatan PTA (Perkemahan Tamu Ambalan) sebagai salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang wajib. Selain itu hendaknya anak-anakku dapat mengambil pelajaran yang diberikan oleh kakak-kakak pembina. Jaga kesehatan kalian agar bisa menyelesaikan kegiatan ini hingga akhir,” ungkap Purwaningsih kepada awak media usai membuka kegiatan PTA bagi siswa baru, Jum’at (02/08/19).

Bersama itu pula, Egy Winahyu siswa kelas 12, pembina dan sekaligus Ketua Pelaksana kegiatan PTA mengatakan bahwa siswa baru ini dalam tingkatan Pramuka mereka masih golongan Penggalang untuk selajutnya menjadi golongan Penegak,

“Siswa baru tingkat SMP masuk golongan penggalang, ketika masuk ke SMA menjadi golongan penegak. Kegiatan ini adalah salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang wajib diikuti oleh siswa baru. Banyak rangkaian acara yang dijalani. Tujuannya selain mengenalkan sekolah, bekerjasama, kepedulian serta kedisiplinan yang akan berguna bagi siswa itu sendiri,” jelas Eggy kepada Mitrapol.

Kakak Pembina/Dewan guru Syarif (kiri) dan Eggy Siswa kelas XII Ketua Pelaksana kegiatan PTA SMAN 1 Metro Lampung.

Dalam kegiatan PTA SMAN 1 Metro yang berlangsung selama 3 hari dengan rangkaian acara,
– Tanggal 02/08/19 Hari Pertama Pendirian tenda, Upacara Pembukaan, Ishoma, Materi, Apel Malam, Tidur.
– Tanggal 03/08/19 Hari Kedua Tadabur Rembulan, Renungan, Sholat Tahajud, Sholat Subuh, PBB dan Persiapan Heking outbound, Ishoma, Dinamika kelompok, persiapan Api Unggun.
– Tanggal 04/08/19 Hari ketiga Sholat Subuh, Senam Pagi, sarapan, persiapan pacara penutupan, bongkar tenda/operasi semut, upacara penutupan, pulang.

Ekstrakurikuler Pramuka salah satu tujuannya sebagai pembentukan karakter menjadi nyata. Siswa akan semakin tahu jati dirinya, bersosialisasi, dan berempati kepada sesamanya, serta mengimplementasikan Trisatya dan Dasa Dharma Pramuka yang sesungguhnya.

Pramuka identik dengan kegiatan lapangan wajib dijaga dan dikuatkan dalam program sekolah, tidak sekadar main-main.

Kepramukaan mewajibkan guru dan siswa untuk menjalankan, melaksanakan dengan penuh tanggung jawab. Termasuk pengemasan kegiatan sesuai jenjang sekolah, dan membangun karakter. Pramuka dapat berkolaborasi dengan mata pelajaran lain dalam upaya membangun pendidikan karakter. Menjadikan pribadi yang unggul dan berkualitas.

 

 

Reporter : Muktaridi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *