Pemilihan Ketua RW dan RT Cikaret digelar ala Pilpres

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Kota Bogor – Usai pelaksanaan Pemilu, Pileg dan Pilpres di Tahun 2019, Warga di Kelurahan Cikaret Kecamatan Bogor Selatan melanjutkan dengan pelaksanaan pemilihan Ketua RW dan Ketua RT Cikaret. Minggu (4/8/2019). Pukul 07:30 WIB

Tak jauh beda dengan pemilu, pemilihan Ketua RW/RT juga digelar layaknya pelaksanaan pemilihan Presiden, Petugas menyediakan TPS yang menjadi wadah masyarakat untuk memilih. Selain itu petugas juga berpakaian rapi berseragam batik.

Warga juga diminta datang untuk menyumbangkan suara sejak pagi pukul 07.00 hingga pukul 13.00 siang. Usai pemungutan suara petugas juga melakukan penghitungan surat suara warga. Tak hanya itu, warga yang sudah mencoblos juga dibubuhi tanda dengan tinta.

Ketua Panitia pelaksana Ridwan Padil menyampaikan kepada Wartawan Mitrapol bahwa pemungutan suara secara terbuka untuk memilih ketua RW/RT ini adalah untuk yang pertama kali dilakukan di lingkungan RW 12.

Beberapa hari sebelumnya, panitia telah melakukan sosialisasi terkait mekanisme pemilihan, hingga penyampaian visi misi calon kandidat Ketua RW/RT, atas kreatifitas anggotanya, sarana TPS dan Logistik dibuat menyerupai pelaksanaan Pilpres walaupun dengan alat yang sederhana.

“Pemilihan secara langsung ini adalah yang pertama kali di RW 12 Kita ingin warga terlibat langsung dalam pesta demokrasi di lingkungan RW 12. Untuk itu kita gelar proses pemilihan layaknya pemilu ini, terlepas siapapun ketua RW/RT yang terpilih,” ujar Ridwan.

Adapun Kandidat yang menjadi calon Ketua RW ada empat yaitu, No Urut 01 Maman suparman, No Urut 02 EsmaSubakti, No Urut 03 Asep Suganda dan No Urut 04 Aa Kusnadi. Sementara calon RT ada 10 calon yakni, RT 01, Ade Mustopa dengan Nurhaman, RT 02, Wawan setiawan dengan Hendi, RT 03, Mulyana dengan Sanusi Jupri, RT 04 Suhendi Supriatna dengan Endang Suhendar, dan RT 05 Baban Arbani dengan Eti Yulianti, masing-masing RT mengajukan Dua calon sehingga terdapat 14 kandidat yakni 4 calon RW dan 10 calon RT, ujarnya kepada Mitrapol.com.

Hal yang menarik dari panitia pelaksana adalah, satu malam sebelum pelaksanaan pencoblosan diadakan, makan nasi liwet bersama Lurah, Babinsa, Babinmas dan Masyarakat, sebagai ucapan terima kasih atas partisipasi dalam pelaksanaan pencoblosan, karena antusias warga yang sangat tinggi, kita ingin mengucapkan terima kasih.

Sementara dalam proses pemilihan, Kepala Kelurahan Karet Saripudin mengungkapkan rasa bangga dan salutnya kepada warga RW 12 yangn bisa menggelar pemilihan ketua RW/RT secara langsung dan terbuka.

Harapan kedepandengan dengan nanti terpilihnya RW dan RT yang baru bisa merubah kehidupan agar lebih maju lagi, minimal Jalan yang kotor karena sampah, bisa menjadi bersih, jalan-jalan yang gersang menjadi Hijau dan bisa melayani masyarakat dengan baik, jangan memilah-milah tidak ada orang kaya maupun miskin,” ungkap Saripudin.

Intinya Pak Lurah merasa bangga dan salut dengan RW 12 karena dengan pemilihan secara langsung, artinya proses demokrasi di RW !2 berjalan dengan baik. Semoga bisa jadi contoh RW-RW yang lain.

Bahkan, Brigadir Fathur Rachman (Bhabinkantibmas Cikaret) semoga berjalan lancar setelah selesai terpilih RW dan Rt bisa menjalankan tugas dengan baik dan konsisten, Begitupula Babinsa keluraha Cikaret Serda Pudji harto menegaskan Supaya kedepanya bisa meningkatkan dari segi ke amanan terhadap lingkunga wilayah RW 12.

Diakhir acara pemilihan dan dilakukan penghitungan secara terbuka, akhirnya terpilih Ketua RW 12 di Kelurahan Cikaret untuk periode 2019-2021. No Urut 04 Aa Kusnadi yang memperoleh 205 suara, bersaing ketat dengan kandidat nomor urut 01, Maman Suparman yang mendulang 198 suara. Sementara Esma Subaktidan Asep Suganda, meraih masing-masing 149 dan 115 suara, adapun yang tidak sah 9 jumlah 676.

Sementara ketua RT terpilih, RT 01 AdeMustopa, RT 02 Wawan Setiawan, RT 03 Sanusi Jupri, RT 04 Endang Suhendar dan RT 05 Baban Arbani.

Acara ditutup dengan sesi foto bersama dan ramah tamah.

 

 

Reporter: Barkah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *