Pencegahan stunting jadi prioritas dan wajib masup RKPDes 2020

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Lebak – Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dengan pelatihan Kader Pembangunan Manusia (KPM) tingkat Kabupaten Lebak Klaster 6 diselenggarakan di kecamatan Bayah dan di ikuti 4 Kecamatan Bayah, Pangarangan, Cibeber, dan Cilograng.

Pelatihan ini menghadirkan KPM tingkat desa juga didampingi pendaping Desa dari setiap kecamatan dihadiri kadis DPMD Drs.Rusito, KPW Banten Dwi Rahmanto Hasan Basri, Kabid Pemdes Pirman, kasubid penyelenggaraan Pemdes, Suparman,Sos dan juga Koordinator TA Kabupaten Lebak, Andes Widiansah. Sabtu (4/8/2019).

Dalam sambutannya Kadis DPMD Kabupaten Lebak Drs.Rusito S.OS.,Msi mengatakan, desa di wajibkan menjalankan program KPM ini agar Pencegahan stunting (perawakan pendek. Red) di setiap Desa bisa teratasi, apalagi program stunting ini adalah program nasional dan menjadi prioritas program kerja Kementerian Desa PDTT dan lintas antar kementrian.

Sehingga desa di wajibkan untuk untuk melakukan kegiatan pencegahan tersebut, dan nantinya KPM ini wajib merumuskan RKPDes dan di APBDes Program PID pencegahan Stunting ini harus masuk di APBDes 2020. Dengan ini saya buka pelatihan SDM Kader Pembangunan Desa yang dimulai tanggal 3-4 Agustus 2019 saya Mulai, jelasnya.

Sementara Dwi Rahmanto Koordinator Pendamping Provinsi menegaskan agar para pendamping desa bisa mendampingi Desa-desa yang melakukan Program inovasi Desa Terutama program pencegahan Stunting(Gizi Buruk) di setiap desa, bagi pendamping yang tidak melakukan pendampingan maka TA Kabupaten Melakukan Evaluasi terhadap Kinerja PD dan PLD dalam proses pasilitasi dan pendampingan proses kegiatan di masing-masing wilayah dampingan dan hasil evaluasi tersebut akan di jadikan pertimbangan penilaian kinerja yang akan di rekomendasikan kepada satker P3MD Propinsi Banten, pungkasnya.

 

 

Reporter : Soleh

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *